Jumat, 14 Juli 2017

CONTOH PROGRAM TAHUNAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VII

PROGRAM TAHUNAN
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS VII TP. 2013/2014

SMSTR
N
O
STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR/INDIKATOR
ALOKASI WAKTU
KET.
I
1
Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara


1.1
Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat,  peraturan,  yang berlaku dalam masyarakat
4 JP

1.1.1
Menjelaskan Pengertian Norma
2 X Pert
(2 JP)
4 X 40 mnt

1.1.2
Menyebutkan ciri-ciri Norma

1.1.3
Menguraikan Klasifikasi Norma

1.1.4
Menyimpulkan perbedaan Norma

1.2
Menerapkan norma Islam sebagai panduan yang utama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

1.2.1
Memahami univesalitas Islam sebagai sumber norma kehidupan

1.2.2
Menyebutkan 5 macam pembahasan Islam tentang Norma Kehidupan

1.3
Menjelaskan hakikat dan arti penting hukum bagi warga negara
6 JP

1.3.1
Menjelaskan Pengertian Hukum
3 X Pert
6 X 40 mnt

1.3.2
Menjelaskan Pentingnya hukum dalam kehidupan benegara

1.3.3
Menjelaskan tujuan ditetapkannya hukum dalam suatu negara

1.3.4
Menguraikan klasifikasi hukum

1.3.5
Menjelaskan perbedaan pelanggaran dan kejahatan

1.3.6
Menguraikan macam-macam sanksi

1.3.7
Menjelaskan konsep hukum nasional Indonesia

1.3.8
Menjelaskan Sumber tertib hukum dan sumber hukum Indonesia

1.4
Menerapkan norma-norma, kebiasaan, adat istiadat dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
4 JP

1.4.1
Merumuskan Strategi atau cara mempertahankan Tata Tertib Sekolah
2 x Pert
4 X 40 mnt

1.4.2
Melakukan upaya mempertahankan Norma Islam & Tata Tertib Sekolah

2.1
Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan
2 JP

2.1.1
Menjelaskan latarbelakang/terwujudnya kemerdekaan RI
1 X pert
(2 JP)
2 x 40 mnt

2.1.2
Menjelaskan makna/arti penting proklamasi kemerdekaan bagi bangsa RI

2.1.3
Menjelaskan Nilai-nilai kebesaran Allah dalam upaya kemerdekaan RI

2.1.4
Menyimpulkan nilai-nilai yang terkandung dalam teks proklamasi

2.1.5
Meneladani nilai-nilai perjuangan tokoh proklamasi

2.2
Mendeskripsikan suasana kebatinan konstitusi  pertama
2 JP

2.2.1
Menguraikan kronologi penyusunan Kontitusi pertama di Indonesia
1 x pert
2 x 40 mnt

2.2.2
Menjaelaskan maksud dan urgensi Konstitusi Pertama bagi Negara Indonesia

2.2.3
Menganalisis konsep-konsep kenegaraan berdasarkan Konstitusi Pertama

2.3
Menganalisis hubungan antara proklamasi kemerdekaan dan UUD 1945
4 JP

2.3.1
Menyimpulkan hubungan kronologi perumusan Proklamasi Kemerdekaan RI dan UUD 1945
1 x pert
4 x 40 mnt
KMTT

2.3.2
Menyimpulkan hubungan Teks Proklamasi dengan Teks UUD 1945

2.4
Menunjukkan sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasana kebatinan konstitusi pertama

2.4.1
Menjelaskan langkah-langkah penerapan nilai-nilai proklamasi dalam kehidupan sehari-hari

2.4.2
Melakukan upaya penerapan nilai-nilai proklamasi dalam kehidupan sehari-hari

0
ULANGAN HARIAN
4 JP

0
REMEDIAL/PENGAYAAN/AKSELERASI
4 JP

0
UJI COBA SOAL UJIAN SEMESTER I
2 JP

0
UJIAN SEMESTER GANJIL (I)
2 JP

0
PENGOLAHAN NILAI & PELAPORAN



SMSTR
N
O
STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR/INDIKATOR
ALOKASI WAKTU
KET.
II
3
Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakan Hak Azasi Manusia (HAM)


3.1
Menguraikan hakikat, hukum dan kelembagaan HAM 


3.1.1
Menjelaskan HAM dalam   persrapektif Islam


3.1.2
Menjelaskan Pengertian HAM


3.1.3
Menguraikan Klasifikasi HAM


3.1.4
Menjelaskan bentuk Perjuangan Islam dalam perlindungan dan penegakkan Islam


3.1.5
Menjelaskan Sejarah Perjuangan HAM


3.1.6
Menyebutkan Payung Hukum Perlindungan dan Peneggak HAM


3.1.7
Menyebutkan Lembaga Perlindungan HAM


3.2
Mendeskripsikan kasus pelanggaran dan upaya penegakan HAM


3.2.1
Menjabarkan Kasus Pelanggaran HAM dari kliping kasus
2 JP
1 x pert
2 x 40 mnt
4 JP
KMT

3.2.2
Menanggapi Upaya Penegakkan HAM berdasarkan artikel/berita di media

3.2.3
Menguraikan upaya mempertahankan/penegakkan HAM

3.3
Menghargai upaya perlindungan HAM
4 JP

3.3.1
Mengidentifikasi sikap-sikap positif terhadap upaya perlindungan  HAM
TM-KMTT

3.3.2
Mendukung upaya perlindungan HAM

3.3.3
Membantu secara aktif Upaya Perlindungan HAM disekolah

3.4
Menghargai upaya penegakan HAM

3.4.1
Mengidentifikasi sikap positif terhadap upaya penegakkan  HAM

3.4.2
Mendukung upaya penegakkan HAM


3.4.3
Membantu secara aktif Upaya penegakkan HAM disekolah






4
 Menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat
6 JP

4.1
Menjelaskan hakikat kemerdekaan mengemukakan pendapat


4.1.1
Menjelaskan Hakekat Kemerdekaan mengemukakan pendapat
3 X pert
4 JP
6 x 40 mnt

4.1.2
Menjelaskan arti penting kemerdekaan mengemukakan pendapat

4.1.3
Mendeskripsikan konsekwensi kebebasan mengemukakan pendapat

4.2
Menguraikan pentingnya kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab                                                                                                                  


4.2.1
Menyebutkan dasar hukum kemerdekaan mengemukakan pendapat
2 x pert
4 JP
4 x 40 mnt

4.2.2
Menjelaskan makna kemerdekaan megemukakan pendapat secara bebas dan betanggung jawab

4.2.3
Mengemukakan tata cara mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab

4.3
Mengaktualisasikan kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab berdasarkan adab Islam
4 JP
2 x pert
4 x 40 mnt

4.3.1
Memberikan pendapat/tanggapan terhadap suatu masalah/kebijakan

4.3.2
Melaksanakan kegiatan jajak pendapat terhadap suatu kebijakan sekolah atau negara
4 JP
KMT

4.3.3
Membentuk Forum/Wadah Sumbang Saran Pendapat


0
ULANGAN HARIAN
4 JP

0
REMEDIAL/PENGAYAAN/AKSELERASI
4 JP

0
UJI COBA SOAL UJIAN SEMESTER II (EBKK) & PEMBAHASAN
2 JP

0
UJIAN SEMESTER GENAP (II)/EBKK
2 JP

0
PENGOLAHAN NILAI & PELAPORAN


    

0 komentar:

Posting Komentar