PROGRAM TAHUNAN
PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
KELAS VII TP. 2013/2014
SMSTR
|
N
O
|
STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI
DASAR/INDIKATOR
|
ALOKASI WAKTU
|
KET.
|
I
|
1
|
Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
|
|
|
1.1
|
Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan,
yang berlaku dalam masyarakat
|
4 JP
|
|
|
1.1.1
|
Menjelaskan
Pengertian Norma
|
2 X
Pert
(2
JP)
4 X
40 mnt
|
|
|
1.1.2
|
Menyebutkan
ciri-ciri Norma
|
|
||
1.1.3
|
Menguraikan
Klasifikasi Norma
|
|
||
1.1.4
|
Menyimpulkan
perbedaan Norma
|
|
||
1.2
|
Menerapkan norma Islam sebagai panduan
yang utama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
|
||
1.2.1
|
Memahami
univesalitas Islam sebagai sumber norma kehidupan
|
|
||
1.2.2
|
Menyebutkan 5
macam pembahasan Islam tentang Norma Kehidupan
|
|
||
1.3
|
Menjelaskan hakikat dan arti
penting hukum bagi warga negara
|
6 JP
|
|
|
1.3.1
|
Menjelaskan Pengertian Hukum
|
3 X
Pert
6 X
40 mnt
|
|
|
1.3.2
|
Menjelaskan Pentingnya hukum
dalam kehidupan benegara
|
|
||
1.3.3
|
Menjelaskan tujuan ditetapkannya
hukum dalam suatu negara
|
|
||
1.3.4
|
Menguraikan klasifikasi hukum
|
|
||
1.3.5
|
Menjelaskan
perbedaan pelanggaran dan kejahatan
|
|
||
1.3.6
|
Menguraikan macam-macam sanksi
|
|
||
1.3.7
|
Menjelaskan konsep hukum nasional
Indonesia
|
|
||
1.3.8
|
Menjelaskan
Sumber tertib hukum dan sumber hukum Indonesia
|
|
||
1.4
|
Menerapkan norma-norma, kebiasaan, adat istiadat dan
peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
4 JP
|
|
|
1.4.1
|
Merumuskan Strategi atau cara mempertahankan Tata Tertib
Sekolah
|
2 x
Pert
4 X
40 mnt
|
|
|
1.4.2
|
Melakukan
upaya mempertahankan Norma Islam & Tata Tertib Sekolah
|
|
||
2.1
|
Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan
|
2
JP
|
|
|
2.1.1
|
Menjelaskan
latarbelakang/terwujudnya kemerdekaan RI
|
1 X pert
(2 JP)
2 x 40 mnt
|
|
|
2.1.2
|
Menjelaskan
makna/arti penting proklamasi kemerdekaan bagi bangsa RI
|
|
||
2.1.3
|
Menjelaskan
Nilai-nilai kebesaran Allah dalam upaya kemerdekaan RI
|
|
||
2.1.4
|
Menyimpulkan
nilai-nilai yang terkandung dalam teks proklamasi
|
|
||
2.1.5
|
Meneladani
nilai-nilai perjuangan tokoh proklamasi
|
|
||
2.2
|
Mendeskripsikan suasana kebatinan konstitusi pertama
|
2
JP
|
|
|
2.2.1
|
Menguraikan
kronologi penyusunan Kontitusi pertama di Indonesia
|
1 x pert
2 x 40 mnt
|
|
|
2.2.2
|
Menjaelaskan
maksud dan urgensi Konstitusi Pertama bagi Negara Indonesia
|
|
||
2.2.3
|
Menganalisis
konsep-konsep kenegaraan berdasarkan Konstitusi Pertama
|
|
||
2.3
|
Menganalisis hubungan antara
proklamasi kemerdekaan dan UUD 1945
|
4
JP
|
|
|
2.3.1
|
Menyimpulkan
hubungan kronologi perumusan Proklamasi Kemerdekaan RI dan UUD 1945
|
1 x pert
4 x 40 mnt
KMTT
|
|
|
2.3.2
|
Menyimpulkan
hubungan Teks Proklamasi dengan Teks UUD 1945
|
|
||
2.4
|
Menunjukkan sikap positif
terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan
suasana kebatinan konstitusi pertama
|
|
||
2.4.1
|
Menjelaskan
langkah-langkah penerapan nilai-nilai proklamasi dalam kehidupan sehari-hari
|
|
||
2.4.2
|
Melakukan
upaya penerapan nilai-nilai proklamasi dalam kehidupan sehari-hari
|
|
||
0
|
ULANGAN
HARIAN
|
4
JP
|
|
|
0
|
REMEDIAL/PENGAYAAN/AKSELERASI
|
4
JP
|
|
|
0
|
UJI
COBA SOAL UJIAN SEMESTER I
|
2
JP
|
|
|
0
|
UJIAN
SEMESTER GANJIL (I)
|
2
JP
|
|
|
0
|
PENGOLAHAN
NILAI & PELAPORAN
|
|
|
|
SMSTR
|
N
O
|
STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI
DASAR/INDIKATOR
|
ALOKASI WAKTU
|
KET.
|
II
|
3
|
Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan
penegakan Hak Azasi Manusia (HAM)
|
|
|
3.1
|
Menguraikan hakikat, hukum dan kelembagaan HAM
|
|
|
|
3.1.1
|
Menjelaskan HAM dalam persrapektif Islam
|
|
|
|
3.1.2
|
Menjelaskan Pengertian HAM
|
|
|
|
3.1.3
|
Menguraikan Klasifikasi HAM
|
|
|
|
3.1.4
|
Menjelaskan bentuk Perjuangan Islam
dalam perlindungan dan penegakkan Islam
|
|
|
|
3.1.5
|
Menjelaskan Sejarah Perjuangan HAM
|
|
|
|
3.1.6
|
Menyebutkan Payung Hukum
Perlindungan dan Peneggak HAM
|
|
|
|
3.1.7
|
Menyebutkan Lembaga Perlindungan HAM
|
|
|
|
3.2
|
Mendeskripsikan kasus pelanggaran dan upaya penegakan
HAM
|
|
|
|
3.2.1
|
Menjabarkan
Kasus Pelanggaran HAM dari kliping kasus
|
2 JP
1 x pert
2 x 40 mnt
4 JP
KMT
|
|
|
3.2.2
|
Menanggapi
Upaya Penegakkan HAM berdasarkan artikel/berita di media
|
|
||
3.2.3
|
Menguraikan upaya
mempertahankan/penegakkan HAM
|
|
||
3.3
|
Menghargai upaya perlindungan HAM
|
4 JP
|
|
|
3.3.1
|
Mengidentifikasi sikap-sikap positif terhadap upaya
perlindungan HAM
|
TM-KMTT
|
|
|
3.3.2
|
Mendukung upaya perlindungan HAM
|
|
||
3.3.3
|
Membantu secara aktif Upaya
Perlindungan HAM disekolah
|
|
||
3.4
|
Menghargai upaya penegakan HAM
|
|
||
3.4.1
|
Mengidentifikasi sikap positif terhadap upaya
penegakkan HAM
|
|
||
3.4.2
|
Mendukung upaya penegakkan HAM
|
|
|
|
3.4.3
|
Membantu secara aktif Upaya penegakkan HAM disekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat
|
6 JP
|
|
|
4.1
|
Menjelaskan hakikat kemerdekaan
mengemukakan pendapat
|
|
|
|
4.1.1
|
Menjelaskan
Hakekat Kemerdekaan mengemukakan pendapat
|
3 X pert
4 JP
6 x 40 mnt
|
|
|
4.1.2
|
Menjelaskan
arti penting kemerdekaan mengemukakan pendapat
|
|
||
4.1.3
|
Mendeskripsikan
konsekwensi kebebasan mengemukakan pendapat
|
|
||
4.2
|
Menguraikan pentingnya kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan
bertanggung jawab
|
|
|
|
4.2.1
|
Menyebutkan
dasar hukum kemerdekaan mengemukakan pendapat
|
2 x pert
4 JP
4 x 40 mnt
|
|
|
4.2.2
|
Menjelaskan
makna kemerdekaan megemukakan pendapat secara bebas dan betanggung jawab
|
|
||
4.2.3
|
Mengemukakan
tata cara mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab
|
|
||
4.3
|
Mengaktualisasikan
kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab berdasarkan adab Islam
|
4 JP
2 x pert
4 x 40 mnt
|
|
|
4.3.1
|
Memberikan
pendapat/tanggapan terhadap suatu masalah/kebijakan
|
|
||
4.3.2
|
Melaksanakan
kegiatan jajak pendapat terhadap suatu kebijakan sekolah atau negara
|
4 JP
KMT
|
|
|
4.3.3
|
Membentuk
Forum/Wadah Sumbang Saran Pendapat
|
|
|
|
0
|
ULANGAN
HARIAN
|
4
JP
|
|
|
0
|
REMEDIAL/PENGAYAAN/AKSELERASI
|
4
JP
|
|
|
0
|
UJI
COBA SOAL UJIAN SEMESTER II (EBKK) & PEMBAHASAN
|
2
JP
|
|
|
0
|
UJIAN
SEMESTER GENAP (II)/EBKK
|
2
JP
|
|
|
0
|
PENGOLAHAN
NILAI & PELAPORAN
|
|
|
0 komentar:
Posting Komentar