|
( R P P )
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri Tasikmalaya
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : VII (Tujuh) / Ganjil
Materi Pokok : Shalat Jum’at
Alokasi Waktu :
3 pertemuan (9 x 40 menit)
A.
KOMPETENSI DASAR
dan INDIKATOR:
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI
|
|
1
|
1.6
|
Menunaikan shalat Jumat
sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Jumu’ah /62: 9
|
1. menunjukkan tata cara salat Jumat.
2. melaksanakan salat Jumat sebagai implementasi dari pemahaman surah al-Jumu’ah /62: 9.
3. menjelaskan pengertian salat Jumat.
4. menjelaskan hukum dasar salat Jumat
|
2
|
3.10
|
Memahami ketentuan salat Jumat
|
5. menjelaskan syarat mendirikan salat Jumat.
6. menerangkan perbuatan sunnah yang terkait dengan Salat Jumat
7. menerangkan beberapa halangan melaksanakan Salat Jumat.
|
3
|
4.11
|
Mempraktikkan salat Jumat
|
8. menunjukkan contoh pelaksanaan Salat Jumat
9. mempraktikkan Salat Jumat
|
B.
TUJUAN
PEMBELAJARAN:
Peserta didik dapat:
- menunjukkan tata cara salat Jumat.
- melaksanakan salat Jumat sebagai implementasi dari pemahaman surah al-Jumu’ah /62: 9.
- menjelaskan pengertian salat Jumat.
- menjelaskan hukum dasar salat Jumat
- menjelaskan syarat mendirikan salat Jumat.
- menerangkan perbuatan sunnah yang terkait dengan Salat Jumat
- menerangkan beberapa halangan melaksanakan Salat Jumat.
- menunjukkan contoh pelaksanaan Salat Jumat
- mempraktikkan Salat Jumat
C.
MATERI PEMBELAJARAN:
1.
Tayangan/model/ilustrasi tata cara salat
Jumat.
2.
Kegiatan pelaksanaan salat Jumat
sebagai implementasi dari pemahaman surah al-Jumu’ah /62: 9.
3.
pengertian salat Jumat.
4.
hukum dasar salat Jumat
5.
syarat mendirikan salat Jumat.
6.
perbuatan sunnah yang terkait dengan Salat
Jumat
7.
beberapa halangan melaksanakan Salat Jumat.
8.
contoh pelaksanaan Salat Jumat
9.
praktik Salat Jumat
D.
METODE PEMBELAJARAN:
1.
Pendekatan Scientific
2.
Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Direct Instruction
3.
Metode diskusi, drill, dan
demontrasi
E.
SUMBER BELAJAR
1.
Kitab
al-Qur’anul Karim dan terjemahnya, Depag RI
2.
Buku
teks siswa PAI SMP Kelas VII
3.
Buku lain yang memadai.
F. MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Media
a.
Video Pembelajaran
b.
Gambar atau tulisan manual di papan tulis
2.
Alat
a.
Komputer
b.
LCD Projector
c.
Karton atau kertas besar, spidol, whiteboard, dll
G.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Pendahuluan ( 10
menit )
a.
Pembelajaran dimulai dengan guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama.
b.
Guru memulai pembelajaran
dengan membaca al-Qur’an surah/aya tpilihan (nama
surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian,
posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
d.
Memotivasi peserta didik dengan kegiatan
yang ringan, seperti cerita motivasi.
e.
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
f.
Mengajukan pertanyaan secara komunikatif
materi sebelumnya dan mengaitkan materi empati, hormat kepada kedua orang
tua dan guru
g.
Guru membagi peserta didik
dalam beberapa kelompok.
2.
Kegiatan inti ( 100 menit)
Mengamati
· Mengamati dan memberi komentar gambar atau
tayangan yang terkait dengan shalat Jumat.
· Menyimak dan membaca penjelasan mengenai tata cara shalat
Jumat.
· Membaca dalil naqli mengenai shalat
Jumat.
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru
mengajukan pertanyaan tentang ketentuan shalat Jumat.
· Mengajukan pertanyaan terkait dengan tata
cara pelaksanaan shalat Jumat.
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok mencari data dari berita
atau informasi tentang ketentuan shalat
Jumat.
· Mendiskusikan tata cara shalat Jumat.
· Mendiskusikan manfaat shalat Jumat.
Asosiasi
· Membuat analisis tata cara shalat Jumat.
· Membuat
analisis tentang halangan shalat Jumat.
· Merumuskan manfaat shalat Jumat.
Komunikasi
· Mendemonstrasikan tatacara shalat Jumat.
· Menyajikan paparan bagan tentang ketentuan shalat Jumat.
· Memaparkan rumusan hikmah dan manfaat shalat Jumat.
· Menanggapi pertanyaan dalam diskusi.
· Merumuskan kesimpulan.
3.
Penutup
a.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
b.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran
yang telah dilaksanakan.
c.
Guru memberikan reward kepada kelompok “terbaik”, yakni:
- Kelompok yang
benar dalam memaparkan hasil diskusinya.
- Kelompok yang
paling baik dalam menanggapi pertanyaan dari kelompok lain.
d.
Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
e.
Bersama-sama menutup
pelajaran dengan berdoa.
H. PENILAIAN
1.
Sikap
spiritual
a. Teknik
Penilaian : Pengamatan
b. Bentuk
Instrumen : Lembar pengamatan
c. Kisi-kisi : indikator
penilaian aktivitas diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang dinilai
|
Skor Maks
|
NIlai
|
Ketuntasan
|
Tindak Lanjut
|
|||||
1
|
2
|
3
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
T :
Tuntas mencapai nilai .... ( disesuaikan dengan nilai KKM )
TT :
Tidak Tuntas jika nilai yang diperoleh kurang dari nilai KKM
R :
Remedial
P :
Pengayaan
d. Aspek dan rubrik penilaian:
1.
Kejelasan dan kedalaman informasi
a.
Jika kelompok tersebut dapat memberikan
penjelasan dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 30.
b.
Jika kelompok tersebut dapat memberikan
penjelasan dan kedalaman informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 20.
c.
Jika kelompok tersebut dapat memberikan
penjelasan dan kedalaman informasi kurang lengkap, skor 10.
2. Keaktifan dalam diskusi
a. Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 30.
b. Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 20.
c. Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi, skor 10.
3. Kejelasan dan kerapian
presentasi
a.
Jika kelompok tersebut dapat
mempresentasikan dengan sangat jelas dan rapi, skor 40.
b.
Jika kelompok tersebut dapat
mempresentasikan dengan jelas dan rapi, skor 30.
c.
Jika kelompok tersebut dapat
mempresentasikan dengan sangat jelas dan kurang rapi, skor 20.
2.
Sikap
sosial
a. Teknik
Penilaian : Penilaian Diri
b. Bentuk
Instrumen : Lembar Penilaian
c. Kisi-kisi:
NO
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Saya harus selalu mengerjakan ¡alat Jumat.
|
|
|
2.
|
Saya yakin bahwa ¡alat Jumat akan menghapus dosa-dosa kecil yang
saya perbuat.
|
|
|
3.
|
Saya akan mengajak teman-teman untuk mengerjakan ¡alat Jumat.
|
|
|
4.
|
Saya akan mendengarkan khatib saat berkhotbah.
|
|
|
5.
|
Saya yakin dengan mengerjakan ¡alat Jumat akan tumbuh persatuan
dan kesatuan.
|
|
|
6.
|
Saya selalu melaksanakan ¡alat ta¥iyatul masjid.
|
|
|
7.
|
Saya yakin bahwa dengan melaksanakan ¡alat Jumat persatuan dan
kesatuan akan terbina.
|
|
|
8.
|
Saya yakin kalau berbicara pada saat khotbah ¡alat Jumat saya
sia-sia
|
|
|
9.
|
Saya yakin bisa memenuhi ketentuan-ketentuan ¡alat Jumat
|
|
|
10.
|
Saya yakin ¡alat Jumat yang saya lakukan ada manfaatnya.
|
|
|
3.
Pengetahuan
a. Teknik
Penilaian :Tes tertulis
b. Bentuk
Instrumen : Uraian
c. Kisi-kisi :
Terlampir
d. Instrumen penilaian :
Jawablah soal berikut ini sesuai dengan pernyataan!
1.
Apa yang kamu ketahui tentang salat Jumat?
2.
Mengapa laki-laki diwajibkan salat Jumat?
3.
Siapakah yang boleh jadi khatib?
4.
Sebutkan syarat-syarat salat Jumat!
5.
Jelaskan tata cara salat Jumat!
6.
Sebutkan orang-orang yang membolehkan
untuk tidak salat Jumat!
7.
Sebutkan sunat-sunat salat Jumat!
8.
Apa yang harus dilakukan apabila tidak
melaksanakan salat Jumat karena berhalangan?
9.
Sebutkan larangan saat khatib sedang
berkhotbah!
10.
Jelaskan hikma salat Jumat!
4.
Keterampilan
a. Teknik
Penilaian : Performance
b. Bentuk
Instrumen : Praktik
c. Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan
|
Butir
Instrumen
|
Indikator
Penilaian
|
|
Mempraktikkan
shalat jum’at
|
Praktikkan
tatacara shalat jum’at dengan baik dan benar!
|
Ø Kesesuaian
gerakan Shalat Jum’at
Ø Kesesuaian
bacaan shalat Jum’at
Ø Ketertuban
ketentuan shalat Jum’at
|
|
|
Jogyakarta,
18 Juli 2013
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
...........................................
NIP.
....................................
|
|
Guru Mata Pelajaran,
..............................................
NIP.
...................................
|
0 komentar:
Posting Komentar