Contoh RPP
|
( R P P )
Satuan
Pendidikan : Direktorat PAI pada SMP
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : VII (Tujuh) /
Ganjil
Materi Pokok : Selamat Datang Nabi Kekasih Ku
Alokasi Waktu :
2 pertemuan ( 6 x 40
menit)
A.
KOMPETENSI DASAR
dan INDIKATOR:
NO.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
1
|
2.8
|
2.1 Meneladani perjuangan Nabi Muhammad SAW
periode Mekah dan
Madinah
|
2.1.1.Menjelaskan
pengertian cara
meneladani perjuangan Nabi
Muhammad SAW periode Mekah
dan Madinah
2.1.2.Mendemontrasikan
cara
meneladani perjuangan Nabi
Muhammad SAW periode
Mekah dan Madinah
|
B.
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN:
Pertemuan
Pertama:
1.
Diberikan kesempatan untuk mengkaji tentang sejarah
perjuangan nabi muhammad sejak kecil sampai remaja di Mekkkah.
2.
Diberikan kesempatan untuk berdiskusi tentang sejarah perjuangan nabi muhammad
sejak kecil sampai remaja di Mekkah.
3.
Diberikan kesempatan berlatih
mengamati, bertanya, mengumpulkan data dan mengkomunikasikan materi yang telah dipelajari.
Pertemuan
Kedua:
1. Diberikan
kesempatan untuk mengkaji tentang sejarah perjuangan nabi
muhammad sejak
remaja sampai diangkat menjadi rasu di Mekkah dan Medinah
2.
Diberikan kesempatan untuk berdiskusi tentang sejarah perjuangan nabi muhammad
sejak remaja sampai diangkat menjadi rasul di Mekkah dan Medinah
D.
MATERI PEMBELAJARAN:
Pertemuan
Pertama:
1.
Kehadiran sang
kekasih
Nabi Muhammad saw. lahir pada hari Senin,
12 Rabi’ul Awwal bertepatan dengan tanggal 20 April 571 Masehi.
Nabi
Muhammad saw. lahir dalam keadaan yatim. Ayahnya, Abdullah bin Abdul Muthalib
wafat saat Nabi Muhammad saw. masih berusia 6 bulan di dalam kandungan ibunya,
Siti Aminah. Saat bayi, Nabi Muhammad saw. diasuh oleh Halimah Sa‘diyah dari
Bani Saad, Kabilah Hawazin. Di perkampungan bani Saad inilah Nabi diasuh dan
dibesarkan sampai usia 5 tahun.
Saat Nabi Muhammad saw. Memasuki usia 6 tahun, ibunya wafat. Ia pun diasuh oleh
kakeknya, Abdul Muthalib. Kakeknya adalah seorang pemuka Quraisy yang sangat
disegani. Nabi Muhammad saw. mendapatkan kasih sayang dan perhatian yang sangat
besar dari sang kakek. Sayang, hanya dua tahun Nabi diasuh kakeknya. Abdul
Muthalib meninggal saat Nabi Muhammad saw. berusia 8 tahun. Selanjutnya, Nabi
Muhammad saw. diasuh oleh pamannya, Abu Thalib sampai menginjak remaja.
2.
Identifikasi sejarah
perjuangan nabi muhammmad sejak kecil sampai dengan remaja di mekkkah dan
medinah.
Pertemuan
Kedua:
1.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Ketika kafilah
dagang mereka sampai di kota Basra di wilayah Syria Besar, seorang pendeta
terkenal di masa itu, Buhairah, menghampiri Abu Thalib dan mengatakan, “Aku
mengenali anak muda ini sebagai sosok yang kelak akan dinobatkan sebagai rahmat
bagi semesta alam. Hal ini telah tertulis jelas dalam kitab-kitab kami.”
Buhairah selanjutnya menyarankan kepada Abu Thalib, “Lindungi anak muda ini
dari orang-orang Yahudi, lebih baik bawa ia kembali ke Mekah.” Abu Thalib pun
menuruti saran pendeta tersebut.
2. Dengan turunnya wahyu
yang kedua, yaitu surah al-Muda£ir/74: 1-7, Rasulullah saw. mulai
berdakwah secara sembunyi-sembunyi. Nabi mengajak orang-orang yang terdekat
dengannya. Tujuannya, agar mereka lebih dulu percaya kepada seruannya dan
mengikutinya. Tempat yang beliau pilih untuk berdakwah adalah rumah Al-Arq±m
bin Abil Arq±m Al Akhzμm³. Orang-orang yang pertama kali memeluk Islam atau
yang dikenal as-S±biqμn al-Awwalμn,
Mereka adalah Siti Khadijah, Abu Bakar, Ali bin Abi Thalib, Zaid bin
Harisah, dan Ummu Aiman.
E.
METODE PEMBELAJARAN:
1.
Pendekatan Scientific
2.
Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Direct Instruction
3.
Metode diskusi,
drill, dan sosiodrama
F.
SUMBER BELAJAR
1.
Buku teks Siswa PAI SMP Kelas VII
2.
Buku lain yang memadai.
G. MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Media
a.
Video Pembelajaran sejarah nabi Muhammmad saw
b.
CD Pembelajaran
2.
Alat
a.
Komputer
b.
LCD Projector
H.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
I.
PERTEMUAN PERTAMA
1.
Pendahuluan ( 10 menit
)
a.
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama
dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/aya tpilihan (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan
sebelumnya);
c.
Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan
pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
d.
Guru memberikan motivasi
dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan
materi pelajaran.
e.
Guru menyampaikan
kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
f.
Guru membagi peserta didik
dalam beberapa kelompok.
2.
Kegiatan inti ( 100 menit)
a.
Mengamati
·
Tayangan
film sejarah nabi Muhammad Saw
·
Mengamati
LCD Tentang Sejarah
Peerjuangan Nabi Muhammmad sejak kecil sampai dengan
remaja dan diangkat jadi rasul di Mekah Medinah.
·
Mencatat
hasil pengamatan terhadap hal- hal penting dari tayangan
LCD
b.
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan
kepada teman
kelompok dan guru tentang hal-
hal yang belum jelas dari pengamatan
terhadap tayangan LCD film sejarah perjuangan Nabi Muhammad Saw .
c.
Explore
·
Peserta
didik membaca buku teks siswa Pendidikan Agama islam dan
Budi Pekerti Kelas VII semester 1 Bab
VI.
·
Mendeskripsikan perjuangan rasul setelah remaja dan menjadi rasul membaca satu persatu
yang diamati oleh anggota kelompok dan
memberi penilaian, secara bergilir
·
Meperagakan
prilaku rasul yang harus dijadikan suritauladan dalam kehidupan sehari-hari.
d.
Asosiasi
·
Anggota yang lain mengamati dan mendiskusikan untuk
memberi penilaian
·
Memilih diantara anggota kelompok yang paling benar dalam persentasi hasil diskusinya.
·
Memilih diantara temannya untuk menjadi Presenter,
sekretaris dan pengamat
e.
Komunikasi.
·
Mempresentasikan hasil diskusi sejarah nabi muhammad sejak kecil sampai remajadi kota
mekkah.
·
Kelompok lain mengamati
dan memberi penilaian hasil presentasi Praktek
kelompok
·
Sekretaris menginvenaris hasil penilaian
masing –masing kelompok
·
Selama pembelajaran
berlangsung guru mengadakan penilaian proses dengan rubrik observasi dan memberi
penguat dari hasil presentasi. Guru
Guru memberi penghargaan pada kelompok yang hasil presentasinya terbagus
3.
Penutup
a.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
b.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran
yang telah dilaksanakan.
c.
Guru memberikan reward kepada kelompok “terbaik”, yakni:
- Kelompok yang
benar dalam mengidentifikasi hukum bacaan mad.
- Kelompok yang
paling baik m,ergakan prilaku rasull.
d.
Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
e.
Bersama-sama menutup
pelajaran dengan berdoa.
PERTEMUAN KEDUA:
1.
Pendahuluan ( 10 menit )
a.
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama
dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayat pilihan (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan
sebelumnya);
c.
Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kehadiran,
kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk pesrta didik.
d.
Guru memberikan motivasi
dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan
materi pelajaran.
e.
Guru menyampaikan
kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
f.
Guru mengkondisikan
peserta didik untuk duduk secara berpasangan (dalam jenis kelamin yang sama).
2.
Kegiatan inti ( 100
menit)
a.
Mengamati
·
Mengamati tayangan rasul dalam mendawahkan Islam
·
Secara bergantian peserta didik mendeskripsikan
hasil-hasil pengamatan
b.
Menanya
·
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menjelaskan
perjuangan rasul setelah diangkat menjadi rasul dan menerima wahyu dari Allah
Swt.
c.
Eksplore dan asosiasi
Game “Maching Card”, dengan cara:
-
Dengan bimbingan guru, peserta didik mengkondisikan kelas untuk game.
-
Guru membagikan secara acak kartu yang telah dipersiapkan yang berisi Sejarah
ketika nabi masih kanak-kanak
-
(Game Pertama) Dengan aba-aba guru, peserta didik diminta untuk mencari pasangan jawaban yang cocok dalam lembaran kerja siswa untuk
menjawab pertanyaan tetntang sejarah nabi ketika remaja.
-
(Game Ketiga) Peserta didik diminta mempresentasikan sejarah
perjungan nabi muhammmmad ketika kecil sampai dengan remaja.
d.
komunikasi
-
Secara berpasangan peserta didik
mendemontrasikan sejarah
perjungan nabi muhammmmad ketika kecil sampai dengan remaja ketika dimekkah
-
Siswa memdemontrasikan perjungan nabi setelah
dewasa dimedinah.
3.
Penutup
1.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkanmateripembelajaran.
2.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran
yang telah dilaksanakan.
3.
Guru memberikan reward kepada “pasangan terbaik” dalam
menpresentasikan dan mendemontrasikan perjuangan nabi dari sejak kecil samapai
beliau menjadi rasul.
4.
Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
5.
Bersama-sama menutup
pelajaran dengan berdoa.
J.
PENILAIAN
1.
Sikap
spiritual
a. Teknik
Penilaian : Penilaian diri
b. Bentuk
Instrumen : Lembar penilaian
diri
c. Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir
Instrumen
|
|
Meyakini bahwa nabi muhammmad adalah manusia pilihan
Alllah untuk semua umat
|
|
|
Meyakini
bahwa nabi muhammmad adalah surituladan dalam perjungannya menegakan agama
Islam
|
|
|
Meyakini
bahwa umat Islam wajib mentaati belau
dalam segala hal
|
|
|
Meyakini
bahwa perbuatan nabi perlu diamalkan dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
Meyakini
bahwa Allah swt memuliakan orang-orang yang beriman yang bertaqwa kepada
Alllah swt
|
|
2.
Sikap
sosial
a. Teknik
Penilaian : Penilaian Antar Teman
b. Bentuk
Instrumen : Lembar Penilaian
c. Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir
Instrumen
|
|
Suka
mengamalkan prilaku rasululllah dalam memperjuangkan agama Alllah.
|
|
|
Ber
akhlakul karimah sebagai bentuk menteladani Rasululllah
|
|
|
Tidak
pelit ketika temannya meminjam buku pelajaran.
|
|
|
Tidak
menyombongkan diri karena telah meneladani rasululllah
|
|
|
Diamalkan
dalam kehidupan sehari-hari
|
|
3.
Pengetahuan
a. Teknik
Penilaian :Tes Tulis
b. Bentuk
Instrumen : Lembar penilaian
tes tulisan
c. Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
|
Dapat
menjelaskan pengertian sejarah perjuangan nabi sejak kecil sampai remaja di
kota mekkah
|
1`.
Jelaskanlah dengan singkat sejarah perjuangan rasul sejak kecil sampai dengan
remaja
|
|
Dapat
meleladani prilaku rasulullah dalam memperjuangkan agama islam
|
2. Buatlah deskripsi
bentuk-bentuk yang perlu diteladani
dari rasulullah dalam memperjuangkan agama islam
|
|
Dapat
menerapkan prilaku rasul dalam kehidupan sehari-hari
|
3.
Tuliskanlah prilaku rasul yang telah kalian terapkan dalam kehidupan
sehari-hari.
|
4.
Keterampilan
a. Teknik
Penilaian : Performance
b. Bentuk
Instrumen : Praktik
c. Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan
|
Butir
Instrumen
|
|
Dapat
medeskripsikan prilaku rasul dalam memperjuangan agama Islam sejak masa kecil
dan remaja
|
1.
Deskripsikanlah perjuangan dawah agama Islam sejak kecil sampai remaja
melalui bermain peran antar anggota kelompok.
|
|
Dapat
Pergakanlah suritauladan rasul sebagai anutan umat bagi seluruh umat manusia
dalam kehidupan sehari-hari
|
2. Peragkanlah dalam
kelompok,
peran rasulullah sebagai anutan umat bagi seluruh umat
manusia dalam kehidupan sehari-hari.
|
Instrumen:
Terlampir
Jakarta, 18 Juli 2013
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Agama Islam
________________ ______________________
NIP.
... NIP.
...
Kelompok VI :
1. Rahmat, S.Ag.
M.Pd ( Ketua MGMP PAI SMP Kota Banjar
)
2. Hendi Suhendi,
S.Ag ( Kasi PAIS Kota Yogya )
3. Drs. H. Nasiruddin
M.Hum ( Ketua MGMP PAI SMP Kab.Lebak)
4. Ahmad Zaki,
M.PdI ( Ketua MGMP PAI SMP Jakarta Pusat
)
5. Dede Mulyana, M.Ag (
Ketua MGMP PAI SMP Kab. Sumedang )
6. Hera Abdul Bar,
S.Ag. M.Pd ( Ketua MGMP PAI Kab.Cianjur
)
0 komentar:
Posting Komentar