TUJUAN
DAN CARA PENYAMPAIAN KELOMPOK MATA PELAJARAN
No
|
Kelompok Mapel
|
Tujuan dan Cara Penyampaian
|
|
Agama dan Akhlak Mulia;
|
Kelompok mata pelajaran Agama dan Akhlak
Mulia bertujuan: membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Tujuan tersebut
dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan agama, kewarganegaraan, kepribadian,
ilmu pengetahuan dan teknologi, estetika, jasmani, olahraga, dan kesehatan
|
|
Kewarganegaraan dan Kepribadian;
|
Kelompok mata pelajaran Kewarganegaraan
dan Kepribadian bertujuan: membentuk peserta didik menjadi manusia yang
memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Tujuan ini dicapai melalui
muatan dan/atau kegiatan agama, akhlak mulia, kewarganegaraan, bahasa, seni dan
budaya, dan pendidikan jasmani.
|
|
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi;
|
Kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan
dan Teknologi bertujuan: mengembangkan logika, kemampuan berpikir dan
analisis peserta didik. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan
bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial,
keterampilan/kejuruan, dan/atau teknologi informasi dan komunikasi, serta
muatan lokal yang relevan
|
|
Estetika;
|
Kelompok mata pelajaran Estetika
bertujuan: membentuk karakter peserta didik menjadi manusia yang memiliki
rasa seni dan pemahaman budaya. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau
kegiatan bahasa, seni dan budaya, keterampilan, dan muatan lokal yang
relevan.
|
|
Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
|
Kelompok mata pelajaran Jasmani, Olah
Raga, dan Kesehatan bertujuan:
membentuk karakter peserta didik agar sehat jasmani dan rohani, dan
menumbuhkan rasa sportivitas. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau
kegiatan pendidikan jasmani, olahraga, pendidikan kesehatan, ilmu pengetahuan
alam, dan muatan lokal yang relevan.
|
1. TABEL TUJUAN DAN RUANG LINGKUP
SETIAP MATA PELAJARAN
a. Kelompok Mata Pelajaran Pokok
No
|
Kelompok Mapel
|
Tujuan dan Cara Penyampaian
|
|
Bahasa
Indonesia
|
Tujuan :
1. Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai
dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
2. Menghargai dan bangga menggunakan bahasa
Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
3. Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya
dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
4. Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan
kemampuan intelektual, serta
kematangan emosional dan sosial
5. Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk
memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan
dan kemampuan berbahasa
6. Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia
sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
Ruanglimgkup :
1.
Mendengarkan
2.
Berbicara
3.
Membaca
4.
Menulis.
|
|
Bahasa
Inggris
|
Tujuan :
1. Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam
bentuk lisan dan tulis untuk mencapai tingkat literasi functional
2. Memiliki kesadaran tentang hakikat dan
pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam
masyarakat global
3. Mengembangkan
pemahaman peserta didik tentang keterkaitan antara bahasa dengan
budaya.
Ruanglingkup :
1.
kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan
teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan
berbahasa, yakni mendengarkan, berbicara, membaca
dan menulis secara terpadu untuk mencapai tingkat literasi functional;
2.
kemampuan memahami dan menciptakan berbagai teks fungsional pendek
dan monolog serta esei berbentuk procedure, descriptive, recount, narrative, dan
report. Gradasi
bahan ajar tampak dalam penggunaan kosa kata, tata bahasa, dan langkah-langkah
retorika;
3.
kompetensi
pendukung, yakni kompetensi linguistik (menggunakan tata bahasa dan kosa
kata, tata bunyi, tata tulis), kompetensi sosiokultural (menggunakan ungkapan
dan tindak bahasa secara berterima dalam berbagai konteks komunikasi),
kompetensi strategi (mengatasi masalah yang timbul dalam proses komunikasi
dengan berbagai cara agar komunikasi tetap berlangsung), dan kompetensi
pembentuk wacana (menggunakan piranti pembentuk wacana).
|
2. STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI
DASAR
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
Kelas VII, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan
melalui kegiatan mendengarkan berita
|
1.1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
1.2 Menuliskan kembali
berita yang dibacakan ke dalam
beberapa kalimat
|
Berbicara
2. Mengungkapkan
pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan
pengumuman
|
2.1 Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan
pilihan kata dan kalimat efektif
2.2 Menyampaikan pengumuman
dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan
sederhana
|
Membaca
3. Memahami ragam teks
nonsastra dengan berbagai cara membaca
|
3.1 Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat
sesuai dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai
3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit
3.3 Membacakan berbagai
teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
|
Menulis
4. Mengungkapkan pikiran
dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
|
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan
cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar
4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa
4.3 Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang
efektif, baik dan benar
|
Mendengarkan
5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan
|
5.1 Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng yang
diperdengarkan
5.2 Menunjukkan relevansi
isi dongeng dengan situasi sekarang
|
Berbicara
6. Mengeskpresikan pikiran
dan perasaan melalui kegiatan bercerita
|
6.1 Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur,
dan mimik yang tepat
6.2 Bercerita dengan alat peraga
|
Membaca
7. Memahami isi berbagai
teks bacaan sastra dengan membaca
|
7.1 Menceritakan kembali cerita
anak yang dibaca
7.2 Mengomentari buku
cerita yang dibaca
|
Menulis
8. Mengekspresikan
pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui
pantun dan dongeng
|
8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun
8.2 Menulis kembali dengan bahasa
sendiri dongeng yang pernah dibaca
atau didengar
|
Kelas VII, Semester
2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
9. Memahami wacana lisan
melalui kegiatan wawancara
|
9.1 Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh/narasumber yang disampaikan
dalam wawancara
9.2 Menuliskan dengan singkat hal-hal penting yang dikemukakan
narasumber dalam wawancara
|
Berbicara
10. Mengungkapkan pikiran,
perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan
bertelepon
|
10.1 Menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan identitas dan
keunggulan tokoh, serta alasan mengidolakannya dengan pilihan kata yang
sesuai
10.2 Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun
|
Membaca
11. Memahami wacana tulis
melalui kegiatan membaca intensif dan membaca memindai
|
11.1 Mengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca secara
intensif
11.2 Menemukan gagasan utama
dalam teks yang dibaca
11.3 Menemukan informasi
secara cepat dari tabel/diagram yang dibaca
|
Menulis
12. Mengungkapkan berbagai
informasi dalam bentuk narasi
dan pesan singkat
|
12.1 Mengubah teks wawancara
menjadi narasi dengan memperhatikan cara penulisan kalimat langsung dan tak
langsung
12.2 Menulis pesan singkat sesuai dengan isi dengan menggunakan kalimat
efektif dan bahasa yang santun
|
Mendengarkan
13. Memahami pembacaan
puisi
|
13.1 Menanggapi cara pembacaan puisi
13.2 Merefleksi isi puisi
yang dibacakan
|
Berbicara
14. Mengungkapkan tanggapan
terhadap pembacaan cerpen
|
14.1 Menanggapi cara pembacaan cerpen
14.2 Menjelaskan hubungan
latar suatu cerpen (cerita pendek) dengan realitas sosial
|
Membaca
15. Memahami wacana sastra
melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak
|
15.1 Membaca indah puisi dengan menggunakan irama, volume suara, mimik,
kinesik yang sesuai dengan isi puisi
15.2 Menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak
baik asli maupun terjemahan
|
Menulis
16. Mengungkapkan keindahan
alam dan pengalaman melalui
kegiatan menulis kreatif puisi
|
16.1 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam
16.2 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa yang pernah
dialami
|
Kelas VIII, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan
berbentuk laporan
|
1.1 Menganalisis laporan
1.2 Menanggapi isi
laporan
|
Berbicara
2. Mengungkap berbagai
informasi melalui wawancara dan
presentasi laporan
|
2.1 Berwawancara
dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika
berwawancara
2.2
Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang
baik dan benar
|
Membaca
3. Memahami ragam wacana tulis dengan
membaca memindai, membaca cepat
|
3.1 Menemukan
informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/buku telepon dengan membaca
memindai
3.2 Menemukan tempat
atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera pada denah
3.3 Menyimpulkan isi suatu
teks dengan membaca cepat 250 kata per menit
|
Menulis
4.
Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat
dinas, dan petunjuk
|
4.1 Menulis
laporan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar
4.2 Menulis surat dinas berkenaan dengan
kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku
4.3 Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan
urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif
|
Mendengarkan
5.
Mengapresiasi
pementasan drama
|
5.1 Menanggapi unsur pementasan drama
5.2 Mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan drama
|
Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran
dan perasaan dengan bermain peran
|
6.1 Bermain
peran sesuai dengan naskah yang ditulis siswa
6.2 Bermain
peran dengan cara improvisasi sesuai dengan kerangka naskah yang ditulis
siswa
|
Membaca
7. Memahami teks drama dan novel remaja
|
7.1 Mengidentifikasi unsur intrinsik
teks drama
7.2 Membuat sinopsis novel remaja Indonesia
|
Menulis
8.
Mengungkapkan
pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif naskah drama
|
8.1 Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide
8.2 Menulis kreatif naskah
drama satu babak dengan
memperhatikan kaidah penulisan naskah drama
|
Kelas VIII, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
9. Memahami isi berita
dari radio/televisi
|
9.1 Menemukan pokok-pokok
berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana) yang didengar dan
atau ditonton melalui
radio/televisi
9.2 Mengemukakan kembali
berita yang didengar/ ditonton melalui
radio/televisi
|
Berbicara
10. Mengemukakan pikiran,
persaan, dan informasi melalui kegiatan
diskusi dan protokoler
|
10.1 Menyampaikan
persetujuan, sanggahan, dan penolakan
pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan
10.2 Membawakan acara dengan bahasa
yang baik dan benar, serta santun
10.3
|
Membaca
11. Memahami ragam wacana
tulis dengan membaca ekstensif,
membaca intensif, dan membaca nyaring
|
11.1 Menemukan masalah utama dari beberapa berita yang
bertopik sama melalui membaca ekstensif
11.2 Menemukan informasi untuk bahan diskusi melalui membaca
intensif
11.3 Membacakan teks berita dengan intonasi yang tepat serta artikulasi
dan volume suara yang jelas
|
Menulis
12. Mengungkapkan informasi
dalam bentuk rangkuman, teks berita,
slogan/poster
|
12.1 Menulis rangkuman isi buku ilmu pengetahuan populer
12.2 Menulis teks berita secara singkat, padat,
dan jelas
12.3 Menulis slogan/poster untuk berbagai keperluan dengan pilihan kata dan kalimat
yang bervariasi, serta persuasif
|
Mendengarkan
13. Memahami unsur
intrinsik novel remaja (asli atau
terjemahan) yang dibacakan
|
13.1 Mengidentifikasi karakter tokoh novel remaja (asli atau terjemahan) yang
dibacakan
13.2 Menjelaskan tema dan
latar novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan
13.3 Mendeskripsikan alur novel remaja (asli
atau terjemahan)
yang dibacakan
|
Berbicara
14. Mengapresiasi kutipan
novel remaja (asli atau terjemahan) melalui kegiatan diskusi
|
14.1 Mengomentari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan)
14.2
Menanggapi hal yang menarik dari kutipan novel remaja (asli atau
terjemahan)
|
Membaca
15. Memahami buku novel remaja (asli atau terjemahan) dan antologi
puisi
|
15.1 Menjelaskan alur cerita,
pelaku, dan latar novel remaja (asli atau terjemahan)
15.2 Mengenali ciri-ciri umum puisi dari buku antologi puisi
|
Menulis
16. Mengungkapkan pikiran,
dan perasaan dalam puisi bebas
|
16.1 Menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang
sesuai
16.2 Menulis puisi bebas dengan memperhatikan unsur persajakan
|
Kelas IX, Semester
1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1.
Memahami dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio
|
1.1 Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada
tayangan televisi/siaran radio
1.2 Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada
tayangan televisi/siaran radio
|
Berbicara
2.
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk
komentar dan laporan
|
2.1 Mengkritik/memuji berbagai karya (seni atau produk) dengan bahasa
yang lugas dan santun
2.2 Melaporkan secara lisan berbagai
peristiwa dengan menggunakan kalimat yang jelas
|
Membaca
3.
Memahami
ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai
|
3.1 Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat
kabar melalui kegiatan membaca intensif
3.2 Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat dari indeks buku melalui kegiatan membaca memindai
|
Menulis
4.
Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris, resensi, dan karangan
|
4.1 Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas
4.2 Meresensi buku pengetahuan
4.3
Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda
baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan
wacana
|
Mendengarkan
5.
Memahami wacana sastra jenis syair melalui kegiatan
mendengarkan syair
|
5.1 Menemukan tema dan pesan
syair yang diperdengarkan
5.2 Menganalisis
unsur-unsur syair yang
diperdengarkan
|
Berbicara
6.
Mengungkapkan kembali
cerpen dan puisi dalam bentuk
yang lain
|
6.1 Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen
6.2 Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi
dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi
dan
suasana/irama yang dibangun
|
Membaca
7.
Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca buku
kumpulan cerita pendek (cerpen)
|
7.1 Menemukan tema, latar, penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu
buku kumpulan cerpen
7.2 Menganalisis
nilai-nilai kehidupan pada
cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen
|
Menulis
8.
Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan, dan
pengalaman dalam cerita pendek
|
8.1 Menuliskan kembali dengan
kalimat sendiri cerita pendek yang
pernah dibaca
8.2 Menulis cerita pendek
bertolak dari peristiwa yang pernah dialami
|
Kelas IX, Semester
2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
9. Memahami isi pidato/khotbah/ceramah
|
9.1 Menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah yang didengar
9.2 Memberi komentar
tentang isi pidato/ceramah/khotbah
|
Berbicara
10. Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi dalam pidato
dan diskusi
|
10.1 Berpidato/ berceramah/ berkhotbah dengan intonasi yang tepat dan
artikulasi serta volume suara yang jelas
10.2 Menerapkan
prinsip-prinsip diskusi
|
Membaca
11. Memahami ragam wacana
tulis dengan membaca ekstensif,
membaca intensif, dan membaca cepat
|
11.1 Menemukan gagasan dari beberapa artikel dan buku melalui kegiatan membaca
ekstensif
11.2 Mengubah sajian grafik, tabel,
atau bagan menjadi uraian melalui kegiatan membaca intensif
11.3 Menyimpulkan gagasan utama suatu teks
dengan membaca cepat ± 200
kata per menit
|
Menulis
12. Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi dalam bentuk
karya ilmiah sederhana, teks pidato, surat pembaca
|
12.1 Menulis karya ilmiah sederhana dengan menggunakan berbagai sumber
12.2 Menulis teks pidato/ceramah/ khotbah dengan sistematika dan bahasa
yang efektif
12.3 Menulis surat pembaca tentang
lingkungan sekolah
|
Mendengarkan
13. Memahami wacana sastra
melalui kegiatan mendengarkan pembacaan kutipan/sinopsis novel
|
13.1 Menerangkan sifat-sifat tokoh dari kutipan novel yang dibacakan
13.2 Menjelaskan alur peristiwa dari suatu sinopsis novel
yang dibacakan
|
Berbicara
14. Mengungkapkan tanggapan
terhadap pementasan drama
|
14.1 Membahas pementasan drama
yang ditulis siswa
14.2 Menilai mementasan
drama yang dilakukan oleh siswa
|
Membaca
15. Memahami novel dari
berbagai angkatan
|
15.1 Mengidentifikasi kebiasaan, adat, etika yang terdapat
dalam buku novel angkatan 20-30 an
15.2 Membandingkan karakteristik novel angkatan 20-30 an
|
Menulis
16. Menulis naskah drama
|
16.1 Menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang sudah dibaca
16.2 Menulis naskah drama berdasarkan peristiwa nyata
|
The Best Hotels near Casino Casino, Atlantic City, NJ - MapYRO
BalasHapusHotels 1 의왕 출장안마 - 12 of 67 — Looking 광주광역 출장안마 for hotels near Casino, Atlantic City? Save up to 공주 출장안마 60% on select Hotels 대구광역 출장샵 1 - 12 of 67 충주 출장안마 Hotels.