Contoh RPP
|
( R P P )
Satuan Pendidikan : SMP Negeri Jakarta
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Kelas / Semester : VII (Tujuh) / Ganjil
Materi Pokok :
Cinta Ilmu Pengetahuan
Alokasi Waktu : 3 pertemuan
(9 x 40
menit)
A. KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR:
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
1
|
1.1
|
Menghayati Al-Qur'an sebagai
implementasi dari pemahaman rukun iman.
|
|
2
|
4.3.1
|
Membaca
surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11, dengan
tartil
|
1.
Menjelaskan hukum bacaan mad dalam surah ar-Rahman/55:33
dan surah al-Mujadalah/58:11 dengan benar.
2.
Mendemontrasikan bacaan surah ar-Rahman/55:33 dan surah
al-Mujadalah/58:11dengan tartil.
|
4.3.2
|
Menunjukkan hafalan
surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 dengan
lancar.
|
1.
Melafalkan hapalan ar-Rahman/55:33 dan surah
al-Mujadalah/58:11 dengan lancar.
|
|
3
|
3.3
|
Memahami isi kandungan
surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 serta
hadis yang terkait tentang menuntut ilmu.
|
1.
Menyebutkan arti surah ar-Rahman/55:33 dan surah
al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
2.
Menjelaskan makna isi kandungan surah ar-Rahman/55:33
dan surah al-Mujadallah/58:11 serta hadis tentang menuntut
ilmu.
|
4
|
2.7
|
Menghargai perilaku semangat menuntut
ilmu sebagai implementasi dari surah ar-Rahman/55:33 dan surah
al-Mujadalah/58:11 serta hadis terkait.
|
1. Menampilkan contoh
perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi surahar-Rahman/55:33
dan surah al-Mujadalah/58:11, serta hadis terkait.
|
B. TUJUAN
PEMBELAJARAN:
Pertemuan Pertama:
1.
Diberikan kesempatan untuk mengkaji tentang hukum bacaan mad,
peserta didik dapat menjelaskan hukum bacaan mad dalam surah
ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 dengan benar.
2.
Diberikan
kesempatan untuk berdiskusi tentang
hukum bacaan mad, peserta didik dapat
mengidentifikasi hukum bacaan mad dalam surah ar-Rahman/55:33
dan surah al-Mujadalah/58:11 dengan benar
3.
Diberikan kesempatan berlatih membaca, peserta didik dapat mendemontrasikan
bacaan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11dengan
tartil.
Pertemuan Kedua:
1.
Diberikan kesempatan berlatih menghafal surah ar-Rahman/55:33
dan surah al-Mujadalah/58:11, peserta didik hafal surah ar-Rahman/55:33
dan surah al-Mujadalah/58:11 dengan lancar.
2.
Diberikan kesempatan berlatih dengan temannya, peserta didik
dapat menyebutkan arti surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
serta hadis tentang menuntut ilmu dengan benar.
Pertemuan Ketiga:
1.
Diberikan kesempatan berdiskusi dengan temannya dalam satu
kelompok, peserta didik dapat menjelaskan makna isi kandungan surah
ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadallah/58:11 serta hadis
tentang menuntut ilmu dengan benar.
2.
Diberikan kesempatan mencermati tayangan film, peserta didik
dapat menampilkan contoh perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi
surahar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11, serta hadis
terkait dengan baik
C. MATERI PEMBELAJARAN:
Pertemuan Pertama:
1. Hukum Bacaan Mad
a. Pengertian Hukum Bacaan Mad
b. Macam-Macam
Hukum Bacaan Mad
2. Identifikasi Hukum Bacaan
Mad dalam surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
3. Bacaan Al Quran surah
ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
Pertemuan Kedua:
1. Hafalan Al
Quran surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
2. Arti surah ar-Rahman/55:33
dan surah al-Mujadalah/58:11
Pertemuan Ketiga:
1. Makna surah ar-Rahman/55:33
dan surah al-Mujadalah/58:11
2. Makna Hadits tentang
menuntut ilmu.
3. Contoh perilaku semangat
menuntut ilmu sebagai implementasi surahar-Rahman/55:33 dan surah
al-Mujadalah/58:11, serta hadis terkait.
D. METODE PEMBELAJARAN:
1.
Pendekatan
Scientific
2.
Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Direct Instruction
3.
Metode diskusi, drill, dan demontrasi
E. SUMBER BELAJAR
1.
Kitab
al-Qur’anul Karim dan
terjemahnya, Depag RI
2.
Buku
teks siswa PAI SMP Kelas VII
3.
Buku
lain yang memadai.
F.
MEDIA
PEMBELAJARAN
1.
Media
a.
Video
Pembelajaran
b.
CD
Pembelajaran Tajwid Interaktif
2.
Alat
a. Komputer
b. LCD Projector
c. Kartu berpasangan (matching card)
lafadz dan artinya.
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
PERTAMA
1.
Pendahuluan ( 10 menit
)
a.
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama
dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/aya tpilihan
(nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan
pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
d.
Guru memberikan motivasi dan
mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan
materi pelajaran.
e.
Guru menyampaikan kompetensi
inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
f.
Guru membagi peserta didik
dalam beberapa kelompok.
2. Kegiatan
inti ( 100 menit)
a.
Mengamati
·
Membaca bersama QS Al Mujadilah 11 dan Ali Imron 33
·
mengamati
LCD Tentang QS Al Mujadilah 11 da
Ali Imron 33 dari Imam Masjidil Harom
tentang bacaan dan tulisan,
sambil mengevaluasi bacaanya
·
Mencatat
hasil pengamatan terhadap hal- hal penting dari kekurangan bacaanya di bandingkan tayangan LCD
b.
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan kepada teman kelompok dan guru tentang hal- hal yang
belum jelas dari pengamatan terhadap tayangan LCD
c.
Explore
·
Peserta
didik membaca mengulang bacaan QS Al
Mujadilah 11 dan Ar Rohman 33 secara bersama kemudian
membaca bersama di kelompok kelompok
·
Praktek membaca satu persatu yang diamati oleh
anggota kelompok dan memberi penilaian, secara bergilir
d.
Asosiasi
·
Anggota yang lain mengamati dan mendiskusikan untuk memberi penilaian
·
Memilih diantara anggota kelompok yang paling bagus,
fasih dan lancar untuk dijadikan model
·
Memilih diantara temannya untuk menjadi Presenter,
sekretaris dan pengamat
e.
Komunikasi.
·
Mempresentasikan Bacaan QS Al Mujadilah 11 dan Ar
Rahman 33 di depan kelas
·
Kelompok lain mengamati dan memberi penilaian hasil
presentasi Praktek kelompok
·
Sekretaris menginvenaris hasil penilaian
masing –masing kelompok
·
Selama pembelajaran berlangsung guru mengadakan penilaian proses dengan rubrik observasi dan memberi
penguat dari hasil presentasi
Guru memberi penghargaan pada kelompok yang hasil presentasinya terbagus
3. Penutup
a.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
b.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah
dilaksanakan.
c.
Guru memberikan reward kepada kelompok “terbaik”, yakni:
-
Kelompok yang benar dalam mengidentifikasi hukum bacaan mad.
-
Kelompok yang paling baik dalam membaca al-quran.
d.
Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
e.
Bersama-sama menutup pelajaran
dengan berdoa.
PERTEMUAN
KEDUA:
1.
Pendahuluan ( 10 menit )
a.
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama
dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayat pilihan
(nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kehadiran,
kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk pesrta didik.
d.
Guru memberikan motivasi dan
mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan
materi pelajaran.
e.
Guru menyampaikan kompetensi
inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
f.
Guru mengkondisikan peserta
didik untuk duduk secara berpasangan (dalam jenis kelamin yang sama).
2.
Kegiatan inti
( 100
menit)
a.
Mengamati
·
Menyimak
tayangan bacaan surah ar-Rahman/55:33 dan
surah al-Mujadalah/58:11.
·
Secara
bergantian peserta didik menghafal dan menyimak hafalan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11.
b.
Menanya
·
Dibawah bimbingan
guru, peserta didik mengartikan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 dan Q.S.Al- Mujadalah (58): 11 dan hadist terkait tentang menuntut ilmu secara per
kata dan keseluruhan.
c.
Eksplore dan asosiasi
Game “Maching Card”, dengan
cara:
-
Dengan bimbingan guru, peserta didik
mengkondisikan kelas untuk game.
-
Guru
membagikan secara acak kartu yang telah dipersiapkan yang
berisi potongan-potongan ayat Q.S. Ar-Rahman (55):33, atau Q.S.Al- Mujadalah (58):11, atau hadits tentang ilmu
pengetahuan dan artidari potongan ayat atau hadits tersebut.
-
(Game Pertama) Dengan
aba-aba guru, peserta didik diminta untuk mencari pasangan potongan-potongan kertas
yang berisi potongan-potongan ayat Q.S. Ar-Rahman (55):
33 dan Q.S.Al- Mujadalah (58): 11dan
artinya yang tersebar di antara mereka
-
(Game Kedua) Dengan
aba-aba guru, peserta didik diminta berkelompok sesuai ayat atau hadits masing-masing,
dan membentuk satu ayat secara berurutan.
-
(Game Ketiga)
Peserta didik diminta melafadzkan potongan ayat / hadits secara berurutan
sehingga terbaca satu ayat / hadits yang utuh.
-
Dan seterusnya.
d.
komunikasi
·
Secara berpasangan peserta didik
mendemontrasikan hafalan dan arti ayat Q.S. Ar-Rahman
(55):33, atau Q.S.Al- Mujadalah (58):11, atau hadits tentang ilmu
pengetahuan.
3.
Penutup
1.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkanmateripembelajaran.
2.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah
dilaksanakan.
3.
Guru memberikan reward kepada “pasangan terbaik” yang hafal ayat dan
mampu mengartikan ayatQ.S. Ar-Rahman (55):33, atauQ.S.Al- Mujadalah (58):11, atau
hadits tentang ilmu pengetahuan.
4.
Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
5.
Bersama-sama menutup pelajaran
dengan berdoa.
PERTEMUAN
KETIGA:
1.
Pendahuluan ( 10 menit
)
a.
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama
dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayat pilihan
(nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kehadiran,
kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk peserta didik.
d.
Guru memberikan motivasi dan
mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan
materi pelajaran.
e.
Guru menyampaikan kompetensi
inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
f.
Guru mengkondisikan peserta
didik untuk membentuk kelompok-kelompok kecil (terdiri 4 – 6 siswa)
2.
Kegiatan inti (
100 menit)
a.
Mengamati
·
Peserta
didik menelaah berbagai sumber belajar , sebagai dasar memahami makna ayatQ.S. Ar-Rahman
(55):33, Q.S.Al- Mujadalah (58):11, dan hadits tentang ilmu
pengetahuan.
·
Peserta didik memperhatikan tayangan film yang berkaitan dengan
ilmu pengetahuan.
b.
Menanya
·
Peserta didik dengan dibantu motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang tayangan film yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan
c.
eksplore
·
Secara berkelompok peserta didik berdiskusi dengan tema-tema yang
berkaitan dengan pemahaman makna ayat dan tayangan film, misalnya:
1) Akhlaq orang yang berilmu
pengetahuan.
2) Manfaat dan hikmah
mempunyai ilmu pengetahuan.
3) Syarat-syarat agar memperoleh
ilmu yang bermanfaat.
4)
Nilai-nilai positif yang terdapat pada ayat Q.S. Ar-Rahman
(55):33, Q.S.Al- Mujadalah (58):11, dan hadits tentang ilmu
pengetahuan .
5)
Contoh
perilaku seseorang yang gigih menuntut ilmu.
d.
Asosiasi
·
Memilih diantara temannya untuk menjadi Presenter,
sekretaris dan pengamat
e.
Mengkomunikasikan
·
Setiap kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil
diskusinya dan ditanggapi kelompok lain.
3.
Penutup
1.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkanmateripembelajaran.
2.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah
dilaksanakan.
3.
Guru memberikan reward kepada “kelompok terbaik” hasil diskusi dan presentasinya.
4.
Guru menjelaskanmateri yang akandipelajaripada pertemuan
berikutnya.
5.
Bersama-sama menutup pelajaran
dengan berdoa.
H. PENILAIAN
1. Sikap
spiritual
a. Teknik Penilaian : Penilaian diri
b. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian diri
c. Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Meyakini bahwa semua ilmu bersumber dari Allah swt.
|
Terlampir
|
|
Meyakini bahwa menuntut
ilmu adalah perintah Allah swt.
|
Terlampir
|
|
Meyakini bahwa umat
Islam wajib mempunyai ilmu
pengetahuan.
|
Terlampir
|
|
Meyakini bahwa setiap
ilmu harus diamalkan
|
Terlampir
|
|
Meyakini bahwa Allah swt
memuliakan terhadap orang yang berilmu
|
Terlampir
|
Instrumen: Terlampir
2. Sikap
sosial
a. Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
b. Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian
c. Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Suka
mengajarkan ilmu pengetahuan kepada temannya.
|
Terlampir
|
|
Segera
memberikan bantuan pemahaman ketika dimintai tolong temannya tentang
pelajaran.
|
Terlampir
|
|
Tidak
pelit ketika temannya meminjam buku pelajaran.
|
Terlampir
|
|
Tidak
menyombongkan diri karena ilmu yang ia miliki.
|
Terlampir
|
|
Tidak
membeda-bedakan pergaulan dengan dasar kepandaian.
|
Terlampir
|
Instrumen: Terlampir
3. Pengetahuan
a. Teknik Penilaian :Tes Lisan
b. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian tes lisan
c. Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
Dapat mengartikan Q.S. Ar-Rahman (55) ayat 33
|
Artikan Q.S. Ar-Rahman (55) ayat 33 dengan benar!
|
|
Dapat mengartikan Q.S. Al- Mujadalah
(58) ayat
11
|
Artikan Q.S. Al- Mujadalah
(58) ayat
11 dengan benar!
|
|
Dapat mengartikan salah
satu hadits yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan
|
Artikan salah satu
hadits yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan!
|
Instrumen: Terlampir
4. Keterampilan
a. Teknik Penilaian : Performance
b. Bentuk Instrumen : Praktik
c. Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan
|
Butir Instrumen
|
|
Dapat membaca Q.S. Ar-Rahman (55) ayat 33
|
Bacalah Q.S. Ar-Rahman (55) ayat 33 dengan tartil!
|
|
Dapat membaca Q.S. Al- Mujadalah
(58) ayat
11
|
Bacalah Q.S. Al- Mujadalah
(58) ayat
11 dengan tartil !
|
Instrumen: Terlampir
Jakarta,
26 Juni 2013
Mengetahui Guru Mata
Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Agama Islam
______________________ ______________________
NIP. ... NIP.
...
LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran
1 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap
Spiritual)
Nama
Siswa
Kelas
/ Semester
|
:
:
|
..........................................
VII
/ Ganjil
|
|||||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Penilaian diri.
|
|||||||||
Penilai
|
:
|
Lembar
penilaian diri
|
|||||||||
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
Sangat Setuju
|
Setuju
|
Ragu-Ragu
|
Tidak Setuju
|
||||||||
1
|
Bahwa semua ilmu
bersumber dari Allah swt.
|
||||||||||
2
|
Bahwa menuntut ilmu
adalah perintah Allah swt.
|
||||||||||
3
|
Bahwa umat Islam wajib mempunyai ilmu pengetahuan.
|
||||||||||
4
|
Bahwa setiap ilmu harus
diamalkan
|
||||||||||
5
|
Bahwa Allah swt
memuliakan terhadap orang yang berilmu
|
||||||||||
JUMLAH SKOR
|
|||||||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
-------------------------
X 100
= ---------
Skormaksimal
|
|||||||||
CATATAN:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
|
|||||||||||
…………………….,
Tanggal : ……..……...
Siswa
yang bersangkutan
(……………………………………………….)
:
Lampiran
2 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap
Sosial)
Nama
Siswa yang dinilai
Kelas
/ Semester
|
:
:
|
..........................................
VII
/ Ganjil
|
|||||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Penilaian antar teman .
|
|||||||||
Petunjuk:
a.
Dibuat kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang
b.
Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok
lain
c.
Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap Peserta didik
|
|||||||||||
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
Selalu
|
Sering
|
Kadang-
kadang
|
TidakPernah
|
||||||||
1
|
Suka
mengajarkan ilmu pengetahuan kepada temannya.
|
||||||||||
2
|
Segera
memberikan bantuan pemahaman ketika dimintai tolong temannya tentang
pelajaran.
|
||||||||||
3
|
Tidak
pelit ketika temannya meminjam buku pelajaran.
|
||||||||||
4
|
Tidak
menyombongkan diri karena ilmu yang ia miliki.
|
||||||||||
5
|
Tidak
membeda-bedakan pergaulan dengan dasar kepandaian.
|
||||||||||
JUMLAH SKOR
|
|||||||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||
Selalu
Sering
Kadang-kadang
Tidak pernah
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
-------------------------
X 100
= ---------
Skormaksimal
|
|||||||||
CATATAN:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
|
|||||||||||
…………………….,
Tanggal : ……..……...
Ketua
kelompok
(……………………………………………….)
Lampiran
3 : Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)
Kelas
/ Semester
|
:
|
VII
/ Ganjil
|
KompetensiDasar
|
:
|
Memahamiisikandungan surahar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
sertahadis yang terkaittentangmenuntutilmu.
|
Indikator
|
:
|
Menyebutkan arti surah ar-Rahman/55:33 dan surah
al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
|
TeknikPenilaian
|
:
|
Lisan.
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
No.
|
Indikator
|
Instrumen
|
1.
|
Mengartikan
QS. Al Mujadilah (58): 11
|
Artikan QS.
Al Mujadilah
(58): 11 berikutini !
|
2.
|
Mengartikan
QS. Ar-Rahman (55): 33
|
Artikan QS. Ar-Rahman (55): 33
berikutini!
|
3.
|
Mengartikan
Al-Hadits tentang
menuntut ilmu
|
Artikan Al-Hadits tentang menuntut ilmu
di bawahini !
|
No
|
Jawaban
|
|
1.
|
Allah
akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang
diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang
kamukerjakan.
|
|
2.
|
Wahai
jama'ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru
langit dan bumi, Maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan.
|
|
3.
|
Barangsiapa menghendiki dunia raihlah dengan ilmu, dan barang siapa yang menghendaki akhirat raihlah dengan ilmu dan barang siapa yang menghendaki keduanya raih
pula dengan ilmu
|
RUBRIK PENILAIAN
|
|||||||
No.
|
Nama Surat
|
Kriteria
|
Skor
|
||||
Sangat Lancar
|
Lancar
|
Kurang Lancar
|
Tidak Lancar
|
||||
1
|
QS. Al Mujadalah (58): 11
|
||||||
2
|
QS. Ar-Rahman (55): 33
|
||||||
3
|
Salah Satu Hadits tentang Ilmu
Pengetahuan
|
||||||
JUMLAH
SKOR
|
|||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||
Sangat Lancar
Lancar
Kurang Lancar
TidakLancar
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
-------------------------
X 100
= ---------
Skormaksimal
|
|||||
Lampiran
4 : Instrumen Penilaian (Aspek Ketrampilan)
NamaPesertadidik
|
:
|
…………………………………………………
|
Kelas
/ Semester
|
:
|
VII
/ Ganjil
|
KompetensiDasar
|
:
|
Membaca surahar-Rahman/55:33 dan surah
al-Mujadalah/58:11, dengantartil
|
TeknikPenilaian
|
:
|
Performance
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
No.
|
Indikator
|
Instrumen
|
1.
|
Membaca
QS. Al Mujadilah (58): 11
|
Artikan QS.
Al Mujadilah
(58): 11 berikutini !
|
2.
|
Membaca QS. Ar-Rahman
(55): 33
|
Artikan QS. Ar-Rahman (55): 33
berikutini!
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
NO.
|
NAMA SURAT
|
KRITERIA
|
SKOR
|
|||||
FASIH
|
TARTIL
|
KURANG TARTIL
|
TIDAK TARTIL
|
|||||
1
|
QS. Al Mujadalah (58): 11
|
|||||||
2
|
QS. Ar-Rahman (55): 33
|
|||||||
JUMLAH
SKOR
|
||||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
||||||
Fashih
Tartil
Kurang Tartil
TidakTartil
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
-------------------------
X 100
= ---------
Skor maksimal
|
||||||
CATATAN GURU
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
|
||||||||
Jakarta,
26 Juni 2013
Guru
Pend. Agama Islam
(……………………………………………….)
0 komentar:
Posting Komentar