RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMP SUBDIT PAI
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : VII
Materi Pokok : Salat Jamak dan qashar
Alokasi Waktu : 3 Pertemuan (9 x 40
menit)
A.
Kompetensi Dasar dan
Indikator
NO.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
1
|
3.11
|
Memahami ketentuan shalat jamak qasar
.
|
1.
Menjelaskan pengertian shalat jamak qasar
2.
Menunjukkan dalil naqli mengenai shalat jamak qasar
3.
Mengklasifikasi shalat yang bisa di jamak dan di
qashar
4.
Menyebutkan syarat diperbolehkannya
melaksanakan shalat
jamak qasar
5.
Menyebutkan macam-macam shalat jamak.
6.
Menyebutkan hikmah shalat jamak dan qasar
|
2
|
4.7
|
Mempraktikkan
shalat shalat jamak qasar
|
7.
Mempraktikkan
shalat jamak dan qashar.
|
B. Tujuan
Pembelajaran
Melalui pendekatan scientific
peserta didik mampu:
Pertemuan 1
1. Menjelaskan pengertian shalat
jamak
2. Menunjukkan
dalil naqli mengenai shalat jamak
3. Mengklasifikasi shalat yang bisa di jamak
4. Menyebutkan
syarat diperbolehkannya melaksanakan shalat jamak
5. Mempraktekan
shalat jamak
Pertemuan 2
6. Menjelaskan pengertian shalat
qashar
7. Menunjukkan
dalil naqli mengenai shalat qassar
8. Mengklasifikasi shalat yang bisa di qashar
9. Menyebutkan
syarat diperbolehkannya melaksanakan qashar
10. Mempraktekan praktek
shalat qashar
Pertemuan 3
11. Menjelaskan pengertian shalat jamak qashar
12. Menunjukkan
dalil naqli mengenai shalat jamak qassar
13. Mengklasifikasi shalat yang bisa dijamak dan di qashar
14. Menyebutkan
syarat diperbolehkannya melaksanakan shalatjamak qashar
15. Mempraktikkan salat jamak qashar dengan benar
C. Materi
Pembelajaran
A. SHALAT JAMA’ DAN QASHAR
1. Pengertian shalat Jama’
Shalat jamak adalah menggabungkan/mengumpulkan
dua shalat fardhu dan dilaksanakan dalam satu waktu.
2. Dalil naqli tentang shalat
jamak
Hadits Rasulullah SAW :
Artinya: :“Dari Anas ia berkata : Adalah Rasulullah SAW
apabila ia bepergian sebelum matahari tergelincir, maka ia mengakhirkan shalat
zuhur sampai waktu asar, kemudian ia berhenti lalu menjamak antara dua shalat
tersebut, tetapi apabila matahari telah tergelincir sebelum ia pergi, maka ia
shalat zuhur (dahulu) kemudian naik kendaraan.” (HR. Ahmad,
Bukhari dan Nasa’i)
3. Shalat yang boleh dijama’
a.
Duhur
dengan Ashar
b.
Magrib
dengan Isya’
4. Syarat sah shalat jama’
a. Dalam
perjalan jauh yang jarak tempuhnya kurang lebih 17 km (3 farsakh), sebagian
ulama’ mensyaratkan jarak tempuh sampai 80,6 km.
b. Perjalanan itu tidak bertujuan maksiat..
c. Dalam
keadaan ketakutan dan rasa sangat khawatir, seperti perang, sakit, hujan lebat,
angin topan dan bencana alam.
5. Macam-macam shalat jama’
a.
Jama’
Taqdim
b.
Jamak
Ta’khir
6. Praktek
Cara melakukan shalat jama’ yaitu seperti
shalat wajib lima waktu, perbedaanya adalah pada niat dan penggabungan itu
sendiri. Adapun niatnya secara prinsip adalah menyebutkan nama shalat yang
digabungkan, misalnya: duhur dengan ashar dan jama’ taqdim
#äR%
ê äM=Y äiqiäi/ äiäiã k}9^% Sj- =JReã Si
äQqj.i $äRa< Sæ<ã =tÏeãL=Y éfIã
Jika dilakukan dengan jama’ takhir maka pada kalimat k}9^% Sj- diganti
dengan R5 ä% Sj-
B. SHALAT QASHAR
1. Pengertian shalat qashar
Shalat Qasar adalah menjalankan shalat fardhu dengan cara meringkas dari 4
rakaat menjadi 2 rakaat.
2. Dalil naqli tentang shalat
qashar
Firman Allah SWT. dalam surat An Nisa’ ayat 101 :
Artinya :“Dan apabila kamu bepergian di
muka bumi, maka tidaklah mengapa kamu
mengqasar shalat(mu). Jika kamu takut diserang
orang-orang kafir (QS. An Nisa : 101).
Hadis Rasulullah SAW
Artinya :“Dari Ibnu Umar : saya menemani
Nabi SAW, dan di dalam perjalanan beliau tidak
shalat melebihi
dua rakaat, demikian juga Abu Bakar, Umar, Utsman dan Ali.” (Kesepakatan
ahli hadits)
3. Shalat yang boleh di
qashar
Yaitu hanya shalat yang
jumlah rakaatnya empat
4. Syarat sah shalat qashar sama dengan syarat sah
pada shalat jama’
C. SHALAT JAMA’ QASHAR
1. Pengertian shalat jama’ qashar
Shalat
Jamak qasar adalah melaksanakan shalat fardhu dengan cara dijamak (digabung)
sekaligus diqasar (diringkas).
2. Niat shalat jama’ qashar
#äR%
ê äiqiäi/
äiäiã ã=J] k}9^% Sj- =JReã Si äQqj.i G&Ra< =tÏeãL=Y éfIã
D.
Metode Pembelajaran
Metode:
1.
Ceramah
2.
Tanya Jawab
3.
Inquiry learning
4.
Diskusi
5.
Demonstrasi
E.
Pendekatan
Scientific
learning
F.
Media Pembelajaran
Gambar/ Poster
Peserta didik dan atau guru
Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
G.
Sumber Belajar
1.
Al
Qur’an dan Terjemahannya, CV.
Karya Utama, Surabaya; 2000 An Nisa’ ayat 101
2. Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VII SMP Kemendikbud Terbitan I hal 125-139
3. Modul
MGMP PAI Kurikulum 2013
4. Internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
1
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Membuka pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’a bersama
dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek
pilihan dengan lancar dan benar
c.
Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan
memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran;
d.
Pemusatan perhatian dan
pemotivasian: mengilustrasikan.
e.
Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi salat Jumat
f.
Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan
dicapai;
g.
Menyampaikan tahapan
kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menyimak,menanya, berdiskusi,
mengkomunikasikan dengan menyampaikan, menanggapi dan membuat kesimpulan
hasil diskusi
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
·
Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan
shalat jamak.
·
Menyimak dan membaca penjelasan mengenai tata cara shalat jamak. Membaca dalil naqli mengenai shalat jamak.
b.
Menanya
·
Dengan dimotivasi oleh guru mengajukan pertanyaan tentang ketentuan shalat
jamak.
·
Mengajukan pertanyaan terkait dengan tata cara pelaksanaan shalat jamak.
c.
Mencoba
·
Secara berkelompok mencari data dari berita atau informasi tentang ketentuan shalat jamak.
·
Mendiskusikan tata cara shalat jamak.
·
Mendiskusikan manfaat shalat jamak.
d.
Asosiasi
·
Membuat analisis tata cara shalat jamak.
·
Membuat analisis syarat shalat jamak.
·
Merumuskan manfaat shalat jamak.
e.
Komunikasi.
·
Mendemonstrasikan praktik shalat jamak.
·
Menyajikan paparan bagan tentang ketentuan shalat jamak.
·
Memaparkan rumusan hikmah dan manfaat shalat jamak.
·
Menanggapi pertanyaan dalam diskusi.
·
Merumuskan kesimpulan.
|
95 menit
|
3.
|
Penutup
a. Melaksanakan
penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta
didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan
langkah selanjutnya;
b. Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok
bagi peserta didik yang menguasai materi;
c. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya yaitu Kisah Hijrahnya Nabi
Muhammad SAW.
|
15 menit
|
Pertemuan 2
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Membuka pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’a bersama
dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek
pilihan dengan lancar dan benar
c.
Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan
memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran;
d.
Pemusatan perhatian dan
pemotivasian: mengilustrasikan.
e.
Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi salat Jumat
f.
Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan
dicapai;
g.
Menyampaikan tahapan
kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menyimak,menanya, berdiskusi,
mengkomunikasikan dengan menyampaikan, menanggapi dan membuat kesimpulan
hasil diskusi
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
·
Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan
shalat qashar.
·
Menyimak dan membaca penjelasan mengenai tata cara shalat qashar. Membaca dalil naqli mengenai shalat qashar.
b.
Menanya
·
Dengan dimotivasi oleh guru mengajukan pertanyaan tentang ketentuan shalat
qashar.
·
Mengajukan pertanyaan terkait dengan tata cara pelaksanaan shalat qashar.
c.
Mencoba
·
Secara berkelompok mencari data dari berita atau informasi tentang ketentuan shalat qashar.
·
Mendiskusikan tata cara shalat qashar.
·
Mendiskusikan manfaat shalat qashar.
d.
Asosiasi
·
Membuat analisis tata cara shalat qashar.
·
Membuat analisis syarat shalat qashar.
·
Merumuskan manfaat shalat qashar.
e.
Komunikasi.
·
Mendemonstrasikan praktik shalat qashar.
·
Menyajikan paparan bagan tentang ketentuan shalat qashar.
·
Memaparkan rumusan hikmah dan manfaat shalat qashar.
·
Menanggapi pertanyaan dalam diskusi.
·
Merumuskan kesimpulan.
|
95 menit
|
3.
|
Penutup
a. Melaksanakan
penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta
didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk
perbaikan langkah selanjutnya;
b. Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun
kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
c. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya yaitu Kisah Hijrahnya Nabi
Muhammad SAW.
|
15 menit
|
Pertemuan 3
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Membuka pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’a bersama
dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek
pilihan dengan lancar dan benar
c.
Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan
memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran;
d.
Pemusatan perhatian dan
pemotivasian: mengilustrasikan.
e.
Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi salat Jumat
f.
Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai;
g.
Menyampaikan tahapan
kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menyimak,menanya, berdiskusi,
mengkomunikasikan dengan menyampaikan, menanggapi dan membuat kesimpulan
hasil diskusi
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
·
Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan
shalat jamak qashar
·
Menyimak dan membaca penjelasan mengenai tata cara shalat jamak. Membaca dalil naqli mengenai shalat jamak qashar.
b.
Menanya
·
Dengan dimotivasi oleh guru mengajukan pertanyaan tentang ketentuan shalat
jamak qashar.
·
Mengajukan pertanyaan terkait dengan tata cara pelaksanaan shalat jamak qashar.
c.
Mencoba
·
Secara berkelompok mencari data dari berita atau informasi tentang ketentuan shalat jamak qashar.
·
Mendiskusikan tata cara shalat jamak qashar.
·
Mendiskusikan manfaat shalat jamak qashar.
d.
Asosiasi
·
Membuat analisis tata cara shalat jamak qashar.
·
Membuat analisis syarat shalat jamak qashar.
·
Merumuskan manfaat shalat jamak qashar.
e.
Komunikasi.
·
Mendemonstrasikan praktik shalat jamak qashar.
·
Menyajikan paparan bagan tentang ketentuan shalat jamak qashar.
·
Memaparkan rumusan hikmah dan manfaat shalat jamak qashar.
·
Menanggapi pertanyaan dalam diskusi.
·
Merumuskan kesimpulan.
|
95 menit
|
3.
|
Penutup
a. Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan
mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah
dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
b. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan
memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang
menguasai materi;
c. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya yaitu Kisah Hijrahnya Nabi Muhammad SAW.
|
15 menit
|
I.
Penilaian Proses
Lembar pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jml skor
|
Nilai (MK,MB,MT,BT)
|
Keterangan
|
|||||||||||||||
|
|
Keaktifan
|
Keberanian
|
Keseriusan
|
Ketelitian
|
|
|
|
||||||||||||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1. Apabila peserta didik belum
memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator.
2. Apabila sudah
memperlihatkan perilaku tetapi belum
konsisten yang dinyatakan dalam indikator.
3. Apabila sudah
memperlihatkan perilaku dan sudah kosisten yang dinyatakan dalam indikator.
4. Apabila sudah
memperlihatkan perilaku kebiasaan yang
dinyatakan dalam indikator.
Rentang Skor = Skor Maksimal – Skor Minimal
= 16 - 4
= 12
MK = 14 - 16
MB = 11-
13
MT = 8
- 10
BT = 4-7
Keterangan:
Tugas
· Menceritakan
isi tayangan video tentang kegiatan salat Jamak
Observasi
· Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait
dengan
i.
menceritakan isi gambar kegiatan salat Jamak
Qashar
ii.
sikap yang ditunjukkan siswa
terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan
kerja kelompok
Portofolio
·
Membuat paparan tentang kegiatan salat Jamak
qashar pernah dialami
Tes
·
Tes : non tes. Bentuk:
unjuk kerja kegiatan salat Jamak
Guru melakukan penilaian
terhadap peserta didik dalam kegiatan mengamati gambar
Rubrik
Penilaian
NO.
|
Nama
|
Aktifitas
|
Jml skor
|
Nilai (MK,MB,MT,BT)
|
Ket.
|
|||||||||||||
Gerakan shalat
|
Bacaan
|
kesesuaian
|
||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Catatan :
5. Apabila peserta didik belum
memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator.
6. Apabila sudah memperlihatkan
perilaku tetapi belum konsisten yang
dinyatakan dalam indikator.
7. Apabila sudah
memperlihatkan perilaku dan sudah kosisten yang dinyatakan dalam indikator.
8. Apabila sudah
memperlihatkan perilaku kebiasaan yang
dinyatakan dalam indikator.
Rentang Skor = Skor Maksimal – Skor Minimal
= 16 - 4
= 12
MK = 14 - 16
MB = 11-
13
MT = 8
- 10
BT = 4-7
Keterangan:
BT : Belum Terlihat
(apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan
dalam indikator).
MT: Mulai
Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda
awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MB: Mulai
Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku
yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK : Membudaya/kebiasaan (apabila peserta didik terus
menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
Catatan :
*4 = SangatBaik 3 =
Baik
2 = Sedang 1 =
Kurang baik
MK = 14 - 16
MB = 11 - 13
MT =
7 - 10
BT =
4 - 6
Tes: Tulis. Bentuk Tes:
essay
Soal:
1. Jelaskan
pengertian salat Jamak!
2. Tuliskan kembali dalil naqli
tentang shalat Jamak dan qashar berikut!
3. Sebutkan shalat yang bisa di jamak dan di qashar!
4. Sebutkan
syarat-syarat diperbolehkannya menjamak atau mengqashar shalat!
5. Sebutkan
hikmah shalat jamak dan shalat qashar!
Kunci jawaban:
1. Shalat jamak adalah menggabungkan/mengumpulkan
dua shalat fardhu dan dalam satu waktu.
2.
3. Shalat yang bisa dijamak
a.
Duhur
dengan Ashar
b.
Magrib
dengan Isya’
Yang bisa diqashar adalah shalat yang jumlah
rakaatnya empat
4. Shalat jamak diperbolehkan bagi orang yang
memenuhi persyaratan atau sebab-sebab sebagai berikut :
a. Dalam
perjalan jauh yang jarak tempuhnya kurang lebih 17 km (3 farsakh), sebagian
ulama’ mensyaratkan jarak tempuh sampai 80,6 km. Jadi, antara jarak 17 km s.d.
80,6 km sekiranya menyulitkan kita untuk dapat menjalankan shalat sesuai dengan
waktunya, maka kita diperbolehkan menjamak shalat.
b. Perjalanan itu tidak bertujuan maksiat, namun
bertujuan baik seperti untuk silaturrahmi, berdagang, rekreasi dan lain-lain.
5. a. Menunjukkan bahwa
islam adalah rahmatal lil’alamin
b. Allah tidak memaksakan umat manusia
Mengetahui,
Kepala SMP Subdit PAI
......................................
|
Yogyakarta, 18 Juli
2013
Guru Mata Pelajaran PAI
Drs. Ahmad Munajad,M.Ag
Kab Klaten
Abdul Qohar,M.Pd.I Kab.
Purworejo
Shodiq, S.Pd.I Kab.
Tegal
Dra. Muslihah, M.Pd.I
Kota Depok
Drs. Dargo Kab. Grobogan
Anis Syafa’at, S.Ag.
M.Pd.I Kab Sleman
|
0 komentar:
Posting Komentar