Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
( R P P )
Satuan Pendidikan : Subdit Direktorat SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas / Semester : VII (Tujuh) / Ganjil
Materi Pokok :
Menunaikan
shalat wajib berjamaah sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
Alokasi Waktu : 2 pertemuan (6 x 40 menit)
A.
Materi Pokok
Indahnya kebersamaan dalam
berjamaah
B. Alokasi Waktu
2 pertemuan (6 x 40 menit)
C.
TujuanPembelajaran
Peserta
didik mampu:
1.
menunjukkan
tata cara Shalat wajib berjamaah.
2.
mendemontrasikan
tata cara Shalat wajib berjamaah.
3.
melaksanakan
Shalat wajib berjamaah sebagai implementasi dari pemahaman rukun islam.
4.
menjelaskan
pengertian Shala twajib berjamaah dan dasar hukumnya.
5.
menjeaskan
syarat sah Shalat berjamaah.
D.
Kompetensi Dasar
1.5 Menunaikan shalat wajib berjamaah
sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
3.9 Memahami ketentuan shalat berjamaah
4.9 Mempraktikkan shalat berjamaah
E.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Menjelaskan pengertian shalat berjamaah
2.
Menjelaskan pengertian shalat munfarid
3.
Menjelaskan keutamaan shalat berjama’ah
4.
Menjelaskan syarat-syarat
mendirikan shalat berjama’ah
5.
Menjelaskan tatacara shalat berjama’ah
6.
Mempraktikkan shalat berjama’ah
F.
Materi Pembelajaran
Tahukah kamu apakah Shalat berjamaah itu? shalat berjamaah
adalah Shalat yang dikerjakan oleh dua orang atau lebih secara
bersama-sama dan salah seorang dari mereka menjadi imam, sedangkan yang lainnya
menjadi makmum.
Nah, Shalat lima waktu yang kita
lakukan sangat diutamakan untuk dikerjakan secara berjamaah, bukan
sendiri-sendiri (munfarid). Kalian perlu tahu bahwa hukum Shalat wajib
berjamaah adalah sunnah muakkad, yaitu sunnah yang sangat
dianjurkan. Bahkan, sebagian ulama mengatakan hukum Shalatberjamaah
adalah fardhu kifayah.
Keutamaan Shalatberjamaah bila dibandingkan Shalat munfarid adalah
dilipatkan 27 derajat. Hadis
“Diriwayatkan
Ibnu Umar, Rasulullah saw. bersabda, “Shalat
berjamaah lebih utama dibandingkan Shalat sendirian dengan dua puluh tujuh
derajat.”(H.R. Bukhari dan Muslim)
Apakah kalian ingin mengetahui
lebih jauh mengenai Shalat berjamaah? Bacalah pembahasan berikut ini.
1. Syarat Sah Shalat Berjamaah
Shalat berjamaah sah apabila memenuhi syarat sebagai berikut.
a. Ada imam.
b. Makmum berniat untuk mengikuti imam.
c. Shalat dikerjakan dalam satu majelis.d. shalat makmum
sesuai dengan shalatnya imam.
Kedudukan imam dalam Shalatberjamaah sangat
penting. Dia akan menjadi pemimpin seluruh jamaah Shalatsehingga untuk
menjadi imam ada syarat tersendiri. Syarat yang dimaksud adalah
a. Mengetahui syarat
dan rukun shalat, serta perkara yang membatalkan shalat,
b. Fasih dalam membaca
ayat-ayat al-Qur'an,
c. Paling luas wawasan
agamanya dibandingkan yang lain,
d. Berakal sehat,
e. Balig,
f. Berdiri
pada posisi paling depan,g. Seorang laki-laki (perempuan juga boleh jadi imam
kalau makmumnya perempuan semua), danh. Tidak sedang bermakmum kepada orang
lain.Sedangkan syarat-syarat menjadi makmum adalah
a. Makmum berniat mengikuti imam,
b. Mengetahui gerakan Shalat imam,
c. Berada dalam satu tempat dengan imam,
d. Posisinya di belakang imam, dan
e. Shalat makmum sesuai dengan Shalat imam hendaklah,
misalnya imam Shalat Asar makmum juga
Shalat Asar. seluruh rangkaian Shalat berjamaah bersama
imam.
Jika kalian dalam kondisi ketinggalan berjamaah seperti ini, perlu
kecermatan dalam tata cara menghitung jumlah rakaat. Untuk itu, perhatikan
beberapa ilustrasi peristiwa berikut. Penjelasan ini sangat penting, siapa tahu
kalian pernah mengalaminya.
1. Makmum Masbμq
Makmum Masbμq
adalah makmum yang tidak sempat membaca surat al-Fatihah bersama
imam di rakaat pertama. Lawan katanya adalah makmum muwafiq, yakni
makmum yang dapat mengikuti
G.
MetodePembelajaran
1.
Diskusi
- Modeling
H. SumberBelajar
1. Buku Teks Siswa PAI dan Budi Pekerti untuk
SMP Kelas 7
2. Buku Pegangan Guru PAI dan Budi Pekerti SMP
untuk Kelas 7
3. Buku pengayaan.
4. Buku Tugas Siswa
I.
Media Pembelajaran
1.
Media
a.
Video Pembelajaran
b.
Tayangan Power Point
J.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan Pertama:
a. Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama.
b. Guru
memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
c. Guru
memotivasi peserta didik dengan kegiatan yang ringan, seperti cerita motivasi.
d. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
e. Guru
mengajukan pertanyaan secara komunikatif materi sebelumnya dan
mengaitkan materi tentang ketentuan Shalat wajib berjamaah
f. Beberapa
alternatif media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan manual di papan
tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca) atau bisa
juga menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
g. Metode yang digunakan adalah diskusi dalam bentuk the
educational-diagnosis meeting artinya peserta didik berbincang mengenai
pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas
pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing memperoleh pemahaman yang
benar yang dikolaborasi dengan metode demontrasi.
Pelaksanaan
a. Guru
meminta peserta didik untuk mengkaji bacaan yang ada di kolom “Mari Renungkan”.
b. Peserta
didik mengemukakan pendapatnya tentang hasil pencermatannya tentang gambar
tersebut.
c. Guru
memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terhadap hasil pencermatan peserta
didik.
d. Guru
meminta kembali peserta didik untuk mengamati gambar yang ada yang ada di kolom
“Mari Mengamati”.
e. Peserta didik mengemukakan pendapatnya tentang
gambar tersebut.
f. Guru
memberikan penjelaskan tambahan kembali dan penguatan yang dikemukakan peserta
didik tentang isi gambar tersebut.
g. Peserta
didik menyimak penjelasan guru atau mencermati gambar atau tayangan visual/film
tentang Shalatberjamaah, secara klasikal atau individual.
h. Peserta
didik dibagi menjadi beberapa kelompok dan diberi tugas diskusi sesuai dengan
tema yang telah ditentukan.
i. Secara bergantian masing-masing kelompok
menyampaikan hasil diskusi sedangkan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak
dan memberikan tanggapan.
j. Guru
memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terhadap hasil diskusi tentang Shalatberjamaah.
k. Guru
menyampaikan gambaran teknis dan memberikan contoh tentang tata cara Shalatberjamaah
sesuai dengan langkah/urutan yang telah disampaikan.
l. Guru
meminta peserta didik untuk memeragakan Shalatberjamaah dengan ma'mum
masbuk.
m. Secara bergantian masing-masing
kelompok mempraktikkan Shalatberjamaah.
n. Guru
memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terhadap hasil praktik Shalatberjamaah.
o. Guru membimbing peserta didik untuk
membaca kisah “Lupa ShalatBerjamaah”.
p. Peserta
didik mengemukakan pendapatnya tentang hikmah dari kisah “Lupa ShalatBerjamaah”.
q. Guru memberikan penjelasan tambahan dan
penguatan terhadap kisah tersebut.
r. Guru dan
peserta didik menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut sesuai yang
terdapat dalam buku teks siswa pada kolom rangkuman.
s. Pada
kolom “Ayo Berlatih”, guru:
1) membimbing
peserta didik untuk mengisi lembar centang dan membuat contoh ketentuan Shalatberjamaah.
2) meminta peserta didik untuk mengerjakan
bagian pilihan ganda dan uraian.
3) membimbing peserta didik untuk mengamati dirinya
sendiri tentang perilaku-perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani sifat
tersebut di lingkungannya (Kolom tugas).
K. Penilaian Hasil Pembelajaran
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam:
Pengamatan
a. Kolom
penerapan (tanda centang)
Skor penilaiannya:
Ya : skor 5
Tidak :
skor 0
b. Kolom ketentuan Shalat berjamaah
1) Jika
peserta didik menuliskan lima ketentuan dengan menyertakan alasan yang benar,
nilai 50.
2) Jika peserta didik menuliskan empat ketentuan
dengan menyertakan alasan yang benar, nilai 40.
3) Jika
peserta didik menuliskan tiga ketentuan dengan menyertakan alasan yang benar,
nilai 30.
4) Jika
peserta didik menuliskan dua ketentuan dengan menyertakan alasan yang benar,
nilai 20.
5) Jika peserta didik menuliskan satu ketentuan dengan
menyertakan alasan yang benar, nilai 10.
Nilai = Kolom penerapan centang + kolom ketentuan dan alasannya
Pengamatan Diskusi
No.
|
Nama siswa
|
Aspek Penilaian
|
Jml Score
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak Lanjut
|
|||||
1
|
2
|
3
|
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
T : Tuntas mencapai nilai .... (
disesuaikan dengan nilai KKM )
TT : Tidak Tuntas jika nilai yang
diperoleh kurang dari nilai KKM
R : Remedial
P : Pengayaan
Aspek dan rubrik penilaian:
1. Kejelasan dan kedalaman informasi. a. Jika
kelompok tersebut dapat memberikan pensjelasan dan kedalaman informasi lengkap
dan sempurna, skor 30.
2. b. Jika kelompok tersebut dapat memberikan
penjelasan dan kedalaman informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 20.
3. c. Jika kelompok tersebut dapat memberikan
penjelasan dan kedalaman informasi kurang lengkap, skor 10.
2. Keaktifan dalam diskusi.
a. Jika
kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 30.
b. Jika
kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 20.
c. Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi,
skor 10.
3. Kejelasan dan kerapian presentasi.
a. Jika
kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan rapi, skor 40.
b. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan
dengan jelas dan rapi, skor
c. Jika
kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan kurang rapi,
skor 20.
d. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan
dengan kurang jelas dan tidak rapi, skor 10.
2. Kolom “Ayo Berlatih”:
a. Kolom menyebutkan ketentuan Shalat berjamaah
Skor nilai:
1) Apabila
peserta didik bisa menyebutkan 5 ketentuan Shalat berjamaah lengkap
dengan tanggapannya, skor 10.
2) Apabila
peserta didik bisa menyebutkan 4 ketentuan Shalat berjamaah lengkap
dengan tanggapannya, skor 8.
3) Apabila
peserta didik bisa menyebutkan 3 ketentuan Shalat berjamaah lengkap
dengan tanggapannya, skor 6.
4) Apabila
peserta didik bisa menyebutkan 2 ketentuan Shalat berjamaah lengkap
dengan tanggapannya, skor 4.
5) Apabila peserta didik bisa menyebutkan 1 ketentuan Shalat
berjamaah lengkap dengan tanggapannya, skor 2.
Nilai = Skor yang diperoleh x 100
Skor maksimal
b. Kolom pilihan ganda dan uraian
1) Pilihan ganda: jumlah jawaban benar x 1 (maksimal
10 x1 = 10).
No. Soal
|
Rubrik penilaian
|
Skor
|
1
|
a. Jika peserta
didik dapat menuliskan maksud Shalat berjamaah
dengan benar, skor 10.
b. Jika peserta
didik dapat menuliskan maksud Shalat berjamaah
kurang benar, skor 5.
|
6
|
2
|
a. Jika peserta
didik dapat menuliskan tentang keutamaan Shalat berjamaah lengkap dan sempurna, skor 6.
b. Jika peserta
didik dapat menuliskan tentang keutamaan Shalat berjamaah lengkap, skor 4.
c. Jika peserta
didik dapat menuliskan tentang keutamaan Shalat berjamaah tidak lengkap, skor 2
|
10
|
3
|
a. Jika peserta
didik dapat menuliskan perbedaan imam dan makmum dengan benar, skor 6.
b. Jika peserta
didik dapat menuliskan perbedaan imam dan makmum kurang lengkap, skor 3.
|
6
|
4
|
a. Jika peserta
didik dapat menuliskan alasan surah al-F±tihah dibaca keras dengan
benar, skor 6.
b. Jika peserta
didik dapat menuliskan alasan surah al-F±tihah dibaca keras kurang
lengkap, skor 3.
|
6
|
5
|
a. Jika peserta
didik dapat menuliskan maksud shalat munfarid
dengan benar, skor 6.
b. Jika peserta
didik dapat menuliskan maksud shalat munfarid
kurang lengkap, skor 3.
|
6
|
6
|
a. Jika peserta
didik dapat menuliskan syarat menjadi iman lengkap, skor 6.
b. Jika peserta
didik dapat menuliskansyarat menjadi iman kurang lengkap, skor 3.
|
6
|
7
|
a. Jika peserta
didik dapat menuliskan seseorang yang fasih bacaan al-Qur’annya tidak
boleh makmum kepada orang yang belum fasih dalam bacaan al-Qur’annya
lengkap dan sempurna, skor 10.
b. Jika peserta
didik dapat menuliskan seseorang yang fasih bacaan al-Qur’annya tidak
boleh makmum kepada orang yang belum fasih dalam bacaan al-Qur’annya
kurang lengkap, skor 5.
|
10
|
8
|
a. Jika peserta
didik dapat menuliskan caranya makmum yang tertinggal bacaan al-F±tihah nya
imam dengan benar dan lengkap, skor 10.
b. Jika peserta
didik dapat menuliskan caranya makmum yang tertinggal bacaan al-F±tihah nya
imam kurang lengkap, skor 5.
|
10
|
9
|
a. Jika peserta
didik dapat menuliskan sikap apabila pada saat shalat berjamaah imam salah dalam melakukan gerakan shalat dengan benar, skor 10.
b. Jika peserta
didik dapat menuliskan sikap apabila pada saat shalat berjamaah imam salah dalam melakukan gerakan shalat kurang lengkap, skor 5.
|
10
|
10
|
a. Jika peserta
didik dapat menuliskan ciri-ciri perilaku senang shalat berjamaah
lebih dari 3, skor 10.
b. Jika peserta
didik dapat menuliskan ciri-ciri perilaku senang shalat berjamaah kurang dari 3, skor 5.
|
10
|
|
Jumlah skor
|
80
|
Nilai : Jumlah skor yang diperoleh
(pilihan ganda dan Isian) x 100
90
c. Tugas
Skor penilaian sebagai berikut.
1) Jika
peserta didik dapat mengumpulkan tugas tepat pada waktu dan perilaku diamati
serta alasannya benar, nilai 100.
2) Jika
peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan
perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 90.
3) Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya
setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya sedikit
ada kekurangan, nilai 80.
FORMAT PENILAIAN – TUGAS
SHOLAT BERJAMAAH
Nama :
................... Kelas :
...................
No. Induk : ................... Bulan : ...................
No
|
Tgl/
Hari
|
Sholat
|
Paraf
Guru/
rtu
|
Ket/
Alasan
|
||||||||||||||
Dhuhur
|
Ashar
|
Maghrib
|
Isya’
|
Subuh
|
||||||||||||||
M
|
B
|
TS
|
M
|
B
|
TS
|
M
|
B
|
TS
|
M
|
B
|
TS
|
M
|
B
|
TS
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
M = Munfarid/sendiri
B =
Berjamaah
T¢=
Tidak ¢alat
Mengetahui, .................,.................20......
Guru Agama Islam
Orang Tua/Wali Siswa
............................... ......................................
0 komentar:
Posting Komentar