Contoh RPP
|
( R P P )
Satuan Pendidikan : SMP Negeri
...............................
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas / Semester : VII (Tujuh) / Genap
Materi Pokok :
Hijrah ke Madinah sebuah kisah yang membanggakan
Alokasi Waktu : 1 pertemuan (3 x 40 menit)
A. KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR :
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
1
|
2.9
|
Meneladani perilaku perjuangan Nabi Muhammad saw. periode
Madinah
|
1.
Siswa dapat menunjukkan contoh perilaku meneladani perjuangan
Nabi Muhammad saw. periode Madinah.
2.
Siswa dapat
mendemontrasikan contoh perilaku meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw.
periode Madinah.
|
2
|
3.13
|
Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW Periode Madinah dan
Madinah.
|
1.
menerangkan
sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah.
|
3
|
4.13
|
Menyajikan strategi perjuangan
yang dilakukan Nabi Muhammad Saw. periode Madinah.
|
1. menunjukkan strategi
perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad saw. periode Madinah.
2. menjelaskan
strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad saw. periode Madinah.
|
|
|
|
|
B. TUJUAN
PEMBELAJARAN :
Melalui
metode inquiry learning siswa dapat :
1. menunjukkan contoh perilaku meneladani perjuangan Nabi Muhammad
saw. periode Madinah dengan baik dan benar
2. mendemontrasikan contoh perilaku
meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah dengan baik dan benar.
3. menerangkan sejarah perjuangan Nabi
Muhammad saw. periode Madinah dengan baik dan lancar.
4. menunjukkan strategi perjuangan yang
dilakukan Nabi Muhammad saw. periode Madinah dengan benar.
5. menjelaskan strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad
saw. periode Madinah dengan lancar.
C. MATERI PEMBELAJARAN:
1.
Meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw.
periode Madinah.
2. Sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw.
periode Madinah.
3. Strategi perjuangan yang dilakukan
Nabi Muhammad saw. periode Madinah.
D. METODE PEMBELAJARAN:
1.
Pendekatan
Scientific.
2.
Ceramah.
3.
Metode diskusi, drill, dan
demontrasi
E. SUMBER BELAJAR
1. Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti
kelas VII Kemdikbud (penerbitnya, halamannya,karangan,
tahun terbit)
2. Gambar/ video/ multimedia interaktif
3. Internet
4. Peta Madinah
F.
MEDIA
PEMBELAJARAN
1.
Media
a.
Video
Pembelajaran
b.
CD
Pembelajaran Interaktif
2.
Alat
a. Komputer
b. LCD Projector
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
a. Pendahuluan ( 10 menit
)
1. Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2. Guru memeriksa
kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran.
3. Guru memotivasi peserta
didik dengan kegiatan yang ringan, seperti cerita motivasi.
4. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
5. Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif materi
sebelumnya dan mengaitkan materi sejarah perjuang Nabi Muhammad saw. periode
Madinah.
6. Media/alat peraga/alat
bantu bisa berupa tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang
besar dan mudah dilihat/dibaca) atau dapat juga menggunakan multimedia berbasis
ICT atau media lainnya.
7.
Metode yang digunakan adalah (1) ceramah (menceritakan dan menjelaskan
kisah melalui gambar atau tayangan visual/film), (2) diskusi dalam bentuk the
educational-diagnosis meeting artinya peserta didik berbincang mengenai
pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas
pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing memperoleh pemahaman yang
benar, dan dilengkapi dengan lembar pengamatan dalam pelaksanaan diskusi
1.
Kegiatan
inti ( 100 menit)
Mengamati
·
Mengamati
dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan perjuangan Nabi
Muhammad Saw. periode Madinah.
·
Menyimak
dan membaca penjelasan mengenai perjuangan Nabi Muhammad Saw. periode Madinah.
Menanya
·
Dengan
dimotivasi oleh guru mengajukan
pertanyaan bagaimana sikap masyarakat Madinah dalam menyambut datangnya Nabi
Muhammad Saw.?
·
Mengajukan
pertanyaan terkait kronologi sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah atau
pertanyaan lain yang relevan.
Eksperimen/explore
·
Mendiskusikan
sejarah sebab-sebab Nabi Muhammad Saw.
hijrah berdasarkan data dari berbagai sumber.
·
Mendiskusikan peristiwa Nabi Muhammad Saw. hijrah.
berdasarkan data dari berbagai
sumber.
·
Mendiskusikan
dakwah Nabi Muhammad Saw. di Madinah.
Asosiasi
·
Melakukan
analisis kronologi sejarah sebab-sebab
Nabi Muhammad Saw. hijrah dalam bentuk membuat diagram alur.
·
Melakukan
analisis kronologi peristiwa Nabi Muhammad Saw. hijrah dalam bentuk membuat
diagram alur.
·
Melakukan
analisis dakwah Nabi Muhammad Saw. di Madinah dalam bentuk membuat diagram
alur.
Komunikasi
·
Menyajikan
paparan kronologi sejarah
sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah
dalam bentuk membuat diagram alur.
·
Menyajikan
paparan kronologi peristiwa Nabi
Muhammad Saw. hijrah dalam bentuk membuat diagram alur.
·
Menyajikan
paparan analisis dakwah Nabi Muhammad
Saw. di Madinah dalam bentuk membuat diagram alur.
·
Menanggapi
pertanyaan.
·
Menyusun
kesimpulan.
2.
Penutup (10 Menit)
a. Dibawah bimbingan guru, peserta
didik menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
b. Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang
telah dilaksanakan.
c. Guru memberikan reward kepada kelompok “terbaik”,
d. Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri
terstruktur.
e. Bersama-sama menutup
pelajaran dengan berdoa.
H.
PENILAIAN
Guru melakukan penilaian terhadap peserta
didik dalam:
1.
Pengamatan
pada saat pelaksanaan diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Skor maks.
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak Lanjut
|
||||
1
|
2
|
3
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
T : Tuntas mencapai
nilai .... ( disesuaikan dengan nilai KKM )
TT : Tidak Tuntas
jika nilai yang diperoleh kurang dari nilai KKM
R : Remedial
P : Pengayaan
Aspek dan rubrik penilaian:
a. Kejelasan dan kedalaman informasi
1) Jika kelompok tersebut dapat
memberikan penjelasan dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 30.
2) Jika kelompok tersebut dapat
memberikan penjelasan dan kedalaman informasi lengkap dan kurang sempurna, skor
20.
3) Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan
kedalaman informasi kurang lengkap, skor 10.
b. Keaktifan dalam diskusi
1) Jika kelompok tersebut berperan sangat
aktif dalam diskusi, skor 30.
2) Jika kelompok tersebut berperan aktif
dalam diskusi, skor 20.
3) Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi, skor 10.
c. Kejelasan dan kerapian presentasi
1)
Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan rapi,
skor 40.
2) Jika kelompok tersebut dapat
mempresentasikan dengan jelas dan rapi maka skor 30.
3) Jika kelompok tersebut dapat
mempresentasikan dengan sangat jelas dan kurang rapi, skor 20.
4) Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan kurang
jelas dan tidak rapi, skor 10.
2. Kolom “Ayo Berlatih"
a. Pengisian centang
Skor =
Ya : 5
Tidak :
0
Nilai
= jumlah nilai skor yang diperoleh
b. Kolom menyebutkan contoh peristiwa yang dialami Nabi Muhammad
saw. di Madinah beserta alasannya.
Skor nilai:
1) Apabila peserta didik bisa menyebutkan
1 contoh peristiwa lengkap dengan alasannya maka skor 10.
2) Apabila peserta peserta didik bisa menyebutkan 1 contoh peserta
tanpa ada alasan maka skor 5.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Nilai = jumlah nilai skor yang diperoleh
Jumlah nilai = nilai pengisian centang +
kolom contoh peristiwa.
c. Kolom pilihan ganda dan uraian.
Skor penilaian sebagai berikut:
1) Pilihan ganda: jumlah jawaban benar x
1 (maksimal 10 x1 = 10)
2) Uraian:
Rubrik Penilaian:
No. Soal
|
Rubrik Penilaian
|
Skor
|
1
|
1.
Jika
peserta didik dapat menuliskan tentang tanggapan orang kafir Quraisy atas
hijrah nabi dengan lengkap dan sempurna, skor 6.
2.
Jika
peserta didik dapat menuliskan tentang tanggapan orang kafir Quraisy atas
hijrah nabi kurang lengkap, skor 3.
|
6
|
2
|
1.
Jika
peserta didik dapat menuliskan tentang siasat kafir Quraisy menghadapi
rencana hijrah nabi lengkap dan sempurna, skor 10.
2.
Jika
peserta didik dapat menuliskan tentang siasat kafir Quraisy menghadapi
rencana hijrah nabi kurang lengkap, skor 5.
|
10
|
3
|
1.
Jika
peserta didik dapat menuliskan tempat bersembunyi nabi pada saat hijrah ke
Madinah beserta alasannya lengkap dan sempurna, skor 6.
2.
Jika
peserta didik dapat menuliskan tempat bersembunyi nabi pada saat hijrah ke
Madinah beserta alasannya kurang lengkap, skor 3.
|
6
|
4
|
1.
Jika
peserta didik dapat menuliskan dua alasan nabi melakukan Hijrah, skor 8.
2.
Jika
peserta didik dapat menuliskan satu alasan nabi melakukan hijrah, skor 4.
|
8
|
5
|
1.
Jika
peserta didik dapat menuliskan dua hal yang dilakukan Nabi Muhammad saw. di
Madina, skor 10.
2.
Jika
peserta didik dapat menuliskan satu hal yang dilakukan Nabi Muhammad saw. di
Madinah, skor 5.
|
10
|
6
|
1.
Jika
peserta didik dapat menuliskan fungsi masjid pada zaman nabi dengan benar dan
tepat, skor 10.
2.
Jika
peserta didik dapat menuliskan fungsi masjid pada zaman nabi dengan benar dan
kurang tepat, skor 5.
|
10
|
7
|
1.
Jika
peserta didik dapat menuliskan sebab nabi mempersatukan kaum muhajirin dan
kaum Ansar dengan benar dan lengkap, skor 10.
2.
Jika
peserta didik dapat menuliskan sebab nabi mempersatukan kaum muhajirin dan
kaum Ansar dengan kurang lengkap, skor 5.
|
10
|
8
|
1.
Jika
peserta didik dapat menuliskan isi perjanjian Hudaibiyah dengan benar, skor
10.
2.
Jika
peserta didik dapat menuliskan isi perjanjian Hudaibiyah kurang lengkap, skor
5.
|
10
|
9
|
1.
Jika
peserta didik dapat menuliskan tanggapan kaum Ansar terhadap kedatangan kaum
Muhajirin dengan benar dan lengkap, skor 10.
2.
Jika
peserta didik dapat menuliskan tanggapan kaum Ansar terhadap kedatangan kaum
Muhajirin kurang lengkap, skor 5.
|
10
|
10
|
1.
Jika
peserta didik dapat menuliskan tanggapan soal dakwah nabi di Madinah dengan
benar dan lengkap, skor 10.
2.
Jika
peserta didik dapat menuliskan tanggapan soal dakwah nabi di Madinah kurang
lengkap, skor 5.
|
10
|
|
Jumlah Skor
|
90
|
Nilai : Jumlah skor yang diperoleh (pilihan ganda dan Isian) x
100
100
d. Tugas
Skor penilaian sebagai berikut.
1) Jika peserta didik dapat mengumpulkan
tugasnya tepat pada waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta
alasannya benar, nilai 100.
2) Jika peserta didik dapat mengumpulkan
tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta
alasannya benar, nilai 90.
3) Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu
yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya sedikit ada
kekurangan, nilai 80.
Nilai akhir yang diperoleh oleh peserta didik adalah sebagai
berikut. 1. Rata-rata dari jumlah nilai pada kolom 1 (pengisian centang dan
menyebutkan contoh peristiwa dan alasan) + jumlah nilai pada kolom diskusi x 60
% 2. Jumlah nilai rata- rata pada kolom “Ayo berlatih” pilihan ganda/uraian dan
tugas x 40 %
Nilai akhir = nilai a + nilai b
Kunci jawaban.
I. Penerapan
(Kebijakan guru).
II. Pilihan ganda :
1. A
2. A
3. B
4. D
5. B
6. B
7. A
8. A
9. D
III. Uraian.
1.
Menentang dakwah nabi.
2.
Hijrah ke Madinah.
3.
Gua Tsur. Dikejar oleh kaum Quraisy.
4.
Perintah Allah, serangan kaum kafir
semakin meningkat, ada harapan baru untuk mengembangkan Islam di Madinah.
5.
Membangun masjid, mempersaudarakan antara
kaum Muhajirin dan kaum Ansar, membuat perjanjian dengan penduduk Madinah.
6.
Sebagai tempat mempersatukan umat,
bermusyawarah tentang perkembangan Islam, tempat mengkaji ilmu agama, bahkan
sebagai pusat pemerintahan setelah Rasulullah dipilih sebagai pemimpin di
Madinah.
7.
Setiap orang Ansar mengakui orang
Muhajirin sebagai saudaranya sendiri, ia mempersilakan saudaranya tinggal di
rumah dan memanfaatkan segala fasilitas yang ada di rumah.
8.
Isi perjanjian Hudaibiyah:
a. Rasulullah harus pulang tahun ini dan
tidak boleh memasuki Mekah kecuali tahun depan dengan orang-orang muslim.
b. Genjatan senjata diantara kedua belah
pihak selama sepuluh tahun.
c. Barang siapa yang ingin bergabung
dengan pihak Muhammad dan perjanjiannya, dia boleh melakukan, dan barang siapa
yang bergabung dengan pihak Quraisy dan perjanjiannya, dia boleh melakukannya.
d. Siapa pun orang Quraisy yang mendatangi Muhammad tanpa izin
walinya, harus dikembalikan ke pihak Quraisy, dan siapa pun dari pihak Muhammad
yang mendatangi Quraisy, dia tidak boleh dikembalikan padanya.
d. Diterima dengan senang hati.
e. Kebijakan guru.
Jogjakarta,
18 Juli 2013
Mengetahui Guru Mata
Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Agama Islam
______________________ ______________________
NIP. ... NIP.
...
0 komentar:
Posting Komentar