Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Satuan Pendidikan : Direktorat PAI pada SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Kelas / Semester : VII (Tujuh) / Ganjil
Materi Pokok :
Hidup
Jadi Lebih Damai dengan Ikhlas, Sabar, dan Pemaaf
Alokasi Waktu : 3 pertemuan (9 x 40
menit)
A. KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR:
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
1
|
1.1
|
Menghayati Al-Qur'an sebagai implementasi dari pemahaman
rukun iman
|
|
2
|
2.4
|
Menghargai perilaku ikhlas, sabar dan pemaaf sebagai
implementasi surah an- Nis±/4:146, surah al-Baqarah/2:153, dan
surah ²li-Imr±n/3:134, serta hadis terkait
|
1.
Menampilkan contoh perilaku ikhlas,sabar,dan pemaaf
sebagai implementasi dari surah Q.S. An-Nisa (4) :146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 serta hadis terkait
|
|
3.5
|
Memahami isi kandungan surah an-Nis±/4:146,
surah al-Baqarah/2:153, dan surah ²li-Imr±n/3:134, serta hadis
yang terkait tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf
|
1. Menyebutkan arti Q.S. An-Nisa (4) :146 tentang ikhlas, Q.S. Al Baqarah (2):153 tentang sabar,
dan Q.S. Ali Imran (3): 134 tentang pemaaf.
2. Menjelaskan makna isi kandungan Q.S. An-Nisa (4) :146 tentang ikhlas, Q.S. Al Baqarah (2):153 tentang sabar,
dan Q.S. Ali Imran (3): 134 tentang pemaaf
|
3
|
4.5.1
|
Membaca
surah an-Nisa/4:146, surah al-Baqarah (2): 153, dan surah ali-Imran/3:
134 dengan tartil
|
1. Menyebutkan arti Q.S. An-Nisa (4) :146 tentang ikhlas, Q.S. Al Baqarah (2):153 tentang sabar,
dan Q.S. Ali Imran (3): 134 tentang pemaaf.
2. Menjelaskan makna isi kandungan Q.S. An-Nisa (4) :146 tentang ikhlas, Q.S. Al Baqarah (2):153 tentang sabar,
dan Q.S. Ali Imran (3): 134 tentang pemaaf.
|
4
|
4.5.2
|
Menunjukkan hafalan an-Nisa/4:146,
surah al- Baqarah/2:153, dan surah Ali Imran/3:134 dengan
lancar
|
1.
Melafalkan
hapalan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3):.
|
B. TUJUAN
PEMBELAJARAN:
Pertemuan Pertama:
1.
Diberikan kesempatan untuk mengkaji tentang hukum bacaan nun
sukun dan tanwin dalam surah an-Nisa/4:153, surah al-Baqarah/2:153, dan surah
Ali-Imran/3:134 . Peserta didik dapat menjelaskan hukum bacaan nun sukun dan tanwin
dalam surah an-Nisa/4:153, surah al-Baqarah/2:153, dan surah Ali-Imran/3:134 dan
hadis yang terkait dengan benar.
2.
Diberikan
kesempatan untuk berdiskusi tentang
hukum bacaan nun sukun dan tanwin dalam surah an-Nisa/4:153, surah
al-Baqarah/2:153, dan surah Ali-Imran/3:134, peserta didik dapat mengidentifikasi
hukum bacaan nun sukun dan tanwin dalam surah an-Nisa/4:153, surah
al-Baqarah/2:153, dan surah Ali-Imran/3:134 dengan benar.
3.
Diberikan kesempatan berlatih membaca
surah an-Nisa/4:153, surah
al-Baqarah/2:153, dan surah Ali-Imran/3:134, peserta didik dapat mendemontrasikan
bacaan surah an-Nisa/4:153, surah al-Baqarah/2:153, dan surah Ali-Imran/3:134 serta hadis yang terkait dengan benar.
Pertemuan Kedua:
1.
Diberikan kesempatan berlatih menghafal surah
an-Nisa/4:153, surah al-Baqarah/2:153, dan surah
Ali-Imran/3:134 dan hadis yang terkait dengan lancar.
2.
Diberikan kesempatan berlatih dengan temannya, peserta didik
dapat menyebutkan arti surah an-Nisa/4:153, surah al-Baqarah/2:153, dan surah Ali-Imran/3:134 dan hadis yang terkait dengan benar.
Pertemuan Ketiga:
1.
Diberikan kesempatan berdiskusi dengan temannya dalam satu
kelompok, peserta didik dapat menjelaskan makna isi kandungan surah an-Nisa/4:153, surah al-Baqarah/2:153, dan surah
Ali-Imran/3:134
dan Hadis yang terkait
2.
Diberikan kesempatan mencermati tayangan film, peserta didik
dapat menampilkan contoh perilaku ikhlas, sabar, dan
pema’af
sebagai implementasi surah an-Nisa/4:153, surah al-Baqarah/2:153, dan surah Ali-Imran/3:134 dan hadis yang terkait
C. MATERI PEMBELAJARAN:
Pertemuan Pertama:
1. Hukum Bacaan Nun Sukun dan Tanwin
a. Pengertian Hukum Bacaan Nun Sukun dan Tanwin
b. Macam-Macam
Hukum Bacaan Nun Sukun dan Tanwin
2. Identifikasi Hukum Bacaan
Nun Sukun dan Tanwin dalam surah an-Nisa/4:146,
Al Baqarah/2:153, dan surah Ali
Imron3/:134
3. Bacaan Al Quran surah an-Nisa/4:146, Al Baqarah/2:153, dan surah Ali Imron3/:134
Pertemuan Kedua:
1. Hafalan Al
Quran surah an-Nisa/4:146, Al Baqarah/2:153, dan surah Ali
Imron3/:134
2. Arti surah an-Nisa/4:146, Al Baqarah/2:153, dan surah Ali Imron3/:134
Pertemuan Ketiga:
1. Makna surah an-Nisa/4:146, Al Baqarah/2:153, dan surah Ali Imron3/:134
2. Contoh perilaku ikhlas,sabar,
dan pemaaf sebagai implementasi surah an-Nisa/4:146, Al Baqarah/2:153, dan
surah Ali Imron3/:134, serta
hadis terkait.
D. METODE PEMBELAJARAN:
1.
Pendekatan
Scientific
2.
Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Direct Instruction
3.
Metode diskusi, drill, dan
demontrasi, matching card
E. SUMBER BELAJAR
1.
Kitab
al-Qur’anul Karim dan terjemahnya,
Depag RI
2.
Mustahdi dan Sumiyati (2013), Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti
, Politeknik Negeri Media
Kreatif, Jakarta.
3.
Buku
lain yang memadai.
4.
Buku Tajwid
F.
MEDIA
PEMBELAJARAN
1.
Media
a.
Video
Pembelajaran
b.
CD
Pembelajaran Tajwid Interaktif
2.
Alat
a. Komputer
b. LCD Projector
c. Kartu berpasangan (matching card)
lafadz dan artinya.
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
PERTAMA
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a
bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Guru memulai pembelajaran dengan membaca Al-Qur’an surah/ayat pilihan
(nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan
pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
d. Guru memberikan
motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang
berkaitan dengan materi pelajaran.
e. Guru menyampaikan
kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
f. Guru membagi peserta
didik dalam beberapa kelompok.
|
10
Menit
|
2.
|
Kegiatan inti
a.
Mengamati
·
Membaca bersama QS Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153,
dan Q.S. Ali Imran (3): 134 dan hadits tentang ikhlas, pemaaf dan
sabar.
·
Mengamati LCD tentang QS Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153,
dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadits tentang ikhlas, pemaaf dan sabar
dari CD/Media Interaktif tentang
bacaan dan tulisan, sambil mengevaluasi bacaanya
·
Mencatat
hasil pengamatan terhadap hal-hal penting dari kekurangan bacaanya dibandingkan tayangan
LCD
b.
Menanya
·
Melalui
motivasi dari guru mengajukan pertanyaan kepada teman kelompok dan guru
tentang hal- hal yang belum jelas dari pengamatan terhadap tayangan LCD
c.
Explore
·
Peserta
didik membaca mengulang bacaan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153,
dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadits tentang ikhlas, pemaaf dan sabar
secara bersama
·
Secara
berkelompok Peserta didik membaca
mengulang bacaan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153,
dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadits tentang ikhlas, pemaaf dan sabar
·
Praktek membaca satu persatu yang diamati oleh
anggota kelompok dan memberi penilaian, secara bergilir
d.
Asosiasi
·
Anggota yang lain mengamati dan mendiskusikan
untuk memberi penilaian
·
Memilih diantara anggota kelompok yang paling
bagus, fasih dan lancar untuk dijadikan model
·
Memilih diantara temannya untuk menjadi presenter, sekretaris dan pengamat
e.
Komunikasi.
·
Mempresentasikan Bacaan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153,
dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadits tentang ikhlas, sabar dan pemaaf di depan kelas
·
Masing-masing
kelompok berdiskusi untuk mengidentifikasi hukum
nun mati dan tanwin dari Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153,
dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadits tentang ikhlas, sabar dan pemaaf
·
Kelompok lain mengamati dan memberi penilaian
hasil presentasi
·
Sekretaris
menginventaris
hasil penilaian masing–masing kelompok
·
Selama pembelajaran berlangsung guru mengadakan
penilaian proses dengan rubrik observasi dan memberi penguat dari
hasil presentasi
·
Guru memberi penghargaan pada kelompok
yang hasil presentasinya terbagus
|
100
menit
|
3.
|
Penutup
a.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
b.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran
yang telah dilaksanakan.
c.
Guru memberikan reward kepada kelompok “terbaik”, yakni:
-
Kelompok yang benar dalam mengidentifikasi hukum bacaan Nun mati dan Tanwin.
-
Kelompok yang paling baik dalam membaca al- Qur’an atau
hadts.
d.
Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri
terstruktur.
e.
Bersama-sama menutup
pelajaran dengan berdoa.
|
10
Menit
|
PERTEMUAN KEDUA
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a
bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayat pilihan
(nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kehadiran,
kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk pesrta didik.
d. Guru memberikan
motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang
berkaitan dengan materi pelajaran.
e. Guru menyampaikan
kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
|
10
Menit
|
2.
|
Kegiatan inti
a. Mengamati
·
Menyimak tayangan bacaan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153,
dan Q.S. Ali Imran (3): 134 dan hadits
·
Secara bergantian peserta didik
menghafal dan menyimak hafalan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153,
dan Q.S. Ali Imran (3): 134
b.
Menanya
·
Dibawah bimbingan guru, peserta didik mengartikan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153,
dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadist terkait tentang
ikhlas, sabar dan pemaaf secara per kata dan keseluruhan.
c. Eksplore
dan asosiasi
Game
“Make-Matc”, dengan cara:
-
Dengan bimbingan guru, peserta didik mengkondisikan kelas untuk game.
-
Guru membagikan secara acak kartu yang telah dipersiapkan yang
berisi potongan-potongan ayat Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153,
dan Q.S. Ali Imran (3): 134, atau hadits tentang ikhlas, sabar dan pemaaf dan arti dari potongan
ayat atau hadits tersebut.
-
(Game Pertama) Dengan aba-aba guru, peserta didik diminta untuk mencari pasangan potongan-potongan kertas
yang berisi potongan-potongan ayat tentang ikhlas,
sabar dan pemaaf dan
artinya yang tersebar di antara mereka
-
(Game Kedua) Dengan aba-aba guru, peserta didik diminta berpasang-pasangan sesuai
ayat atau hadits masing-masing, dan membentuk satu ayat dan arti secara
tepat.
-
(Game Ketiga) Peserta didik diminta melafadzkan potongan ayat / hadits dengan
artinya sehingga terbaca potongan ayat / hadits yang utuh.
-
Dan seterusnya.
d. komunikasi
·
Secara berpasangan peserta didik
mendemontrasikan hafalan dan arti ayat Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153,
dan Q.S. Ali Imran (3): 134, atau hadits tentang ikhlas, sabar dan pemaaf.
|
100
menit
|
3.
|
Penutup
a.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran.
b.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran
yang telah dilaksanakan.
c.
Guru memberikan reward kepada “pasangan terbaik” yang
hafal ayat dan arti Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah
(2):153, dan Q.S. Ali
Imran (3): 134, atau hadits tentang ikhlas, sabar dan pemaaf
d.
Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
e.
Bersama-sama
menutup pelajaran dengan berdoa.
|
10
Menit
|
PERTEMUAN KETIGA
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a
bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayat pilihan
(nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kehadiran,
kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk peserta didik.
d. Guru memberikan
motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang
berkaitan dengan materi pelajaran.
e. Guru menyampaikan
kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
f. Guru mengkondisikan
peserta didik untuk membentuk kelompok-kelompok kecil (terdiri 4 – 6 siswa)
|
10
Menit
|
2.
|
Kegiatan inti
a.
Mengamati
·
Peserta didik menelaah berbagai sumber
belajar, sebagai dasar memahami makna ayat Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153,
dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadits tentang
ikhlas, sabar dan pemaaf.
·
Peserta didik
memperhatikan tayangan film yang berkaitan dengan ikhlas, sabar dan pemaaf.
b.
Menanya
·
Peserta didik dengan
dibantu motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tayangan film yang
berkaitan dengan ikhlas, sabar dan pemaaf
c.
eksplore
·
Secara berkelompok peserta
didik berdiskusi dengan tema-tema yang berkaitan dengan pemahaman makna ayat
dan tayangan film, misalnya:
1)
Akhlaq orang yang
berikhlas, sabar dan pemaaf.
2)
Manfaat dan hikmah
mempunyai sifat ikhlas, sabar dan pemaaf.
3)
Nilai-nilai positif yang
terdapat pada ayat Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali
Imran (3): 134, dan hadits tentang ikhlas, sabar dan pemaaf .
4)
Contoh perilaku seseorang yang ikhlas, sabar dan pemaaf.
d.
Asosiasi
·
Memilih diantara temannya untuk menjadi Presenter,
sekretaris dan pengamat
e.
Mengkomunikasikan
·
Setiap kelompok secara
bergiliran mempresentasikan hasil diskusinya dan ditanggapi kelompok lain.
|
100
menit
|
3.
|
Penutup
a.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkanmateripembelajaran.
b.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran
yang telah dilaksanakan.
c.
Guru memberikan reward kepada “kelompok terbaik” hasil diskusi dan presentasinya.
d.
Guru menjelaskanmateri yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
e.
Bersama-sama menutup pelajaran dengan
berdoa.
|
10
Menit
|
H. PENILAIAN
1. Sikap
spiritual
a. Teknik Penilaian : Penilaian diri
b. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian diri
c. Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Meyakini bahwa sikap
ikhlas, sabar dan pemaaf adalah perintah Allah
|
Terlampir
|
2.
|
Meyakini bahwa ikhlas,
sabar dan pemaaf adalah sifat terpuji yang harus dimiliki oleh setiap muslim
|
Terlampir
|
3.
|
Meyakini bahwa dengan
memilki sifat ikhlas, sabar dan pemaaf manusia akan selamat dunia dan akhirat
|
Terlampir
|
4.
|
Meyakini bahwa dengan memiliki sifat ikhlas, sabar dan pemaaf akan
dimudahkan jalan hidupnya
|
Terlampir
|
5
|
Meyakini bahwa Allah swt
memuliakan terhadap orang yang memiliki sifat ikhlas, sabar
dan pemaaf
|
Terlampir
|
2. Sikap
sosial
a. Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
b. Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian
c. Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Suka
berbuat ikhlas, sabar, dan pemaaf kepada temannya.
|
Terlampir
|
|
Segera
memberikan maaf ketika temannya berbuat salah dan minta maaf.
|
Terlampir
|
|
Tidak
pamrih ketika temannya meminta tolong
|
Terlampir
|
|
Tidak
mudah putus asa karena memiliki kesabaran
|
Terlampir
|
Instrumen: Terlampir
3. Pengetahuan
a. Teknik Penilaian :Tes Lisan
b. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian tes lisan
c. Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
Dapat mengartikan Q.S.An-Nisa (4):146
|
Artikan Q.S.An-Nisa (4):146 dengan benar!
|
|
Dapat mengartikan Q.S. Al Baqarah (2):153,
|
Artikan Q.S. Al Baqarah (2):153, dengan
benar!
|
|
Dapat mengartikan Q.S. Ali Imran (3): 134
|
Artikan Q.S. Ali Imran (3): 134 dengan benar!
|
|
Dapat mengartikan salah
satu hadits yang berkaitan dengan ikhlas, sabar dan pemaaf
|
Artikan salah satu
hadits yang berkaitan dengan ikhlas, sabar dan pemaaf !
|
4. Keterampilan
a. Teknik Penilaian : Performance
b. Bentuk Instrumen : Praktik
c. Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan
|
Butir Instrumen
|
|
Dapat
membaca Q.S.An-Nisa (4):146
|
Bacalah
Q.S.An-Nisa (4):146
dengan tartil!
|
|
Dapat
membaca Q.S. Al Baqarah (2):153
|
Bacalah
Q.S. Al Baqarah (2):153
dengan tartil !
|
|
Dapat
membaca Q.S. Ali Imran (3): 134,
|
Bacalah Q.S. Ali Imran (3): 134!
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran
1 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap
Spiritual)
Nama
Siswa
Kelas
/ Semester
|
:
:
|
..........................................
VII
/ Ganjil
|
|||||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Penilaian diri.
|
|||||||||
Penilai
|
:
|
Lembar
penilaian diri
|
|||||||||
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
Sangat Setuju
|
Setuju
|
Ragu-Ragu
|
Tidak Setuju
|
||||||||
1
|
Bahwa sikap
ikhlas, sabar dan pemaaf adalah perintah Allah yang membawa manusia kepada
kebaikan.
|
|
|
|
|
|
|||||
2
|
Bahwa sifat
ikhlas, sabar dan pemaaf adalah
siafat terpuji yang harus dimiliki oleh setiap muslim.
|
|
|
|
|
|
|||||
3
|
Meyakini bahwa dengan sifat ikhlas, sabar dan pemaaf, manusia akan
selamat dunia dan akhirat.
|
|
|
|
|
|
|||||
4
|
Meyakini bahwa dengan sifat ikhlas, sabar dan pemaaf, manusia akan
akan dimudahkan jalan hidupnya.
|
|
|
|
|
|
|||||
5
|
Meyakini bahwa Allah swt memuliakan manusia yang ikhlas, sabar dan
pemaaf
|
|
|
|
|
|
|||||
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
-------------------------
X 100
= ---------
Skormaksimal
|
|
|
|||||||
CATATAN:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
|
|||||||||||
…………………….,
Tanggal : ……..……...
Siswa
yang bersangkutan
(……………………………………………….)
Lampiran
2 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap
Sosial)
Nama
Siswa yang dinilai
Kelas
/ Semester
|
:
:
|
..........................................
VII
/ Ganjil
|
|||||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Penilaian antar teman .
|
|||||||||
Petunjuk:
a.
Dibuat kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang
b.
Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok
lain
c.
Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap Peserta didik
|
|||||||||||
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
Selalu
|
Sering
|
Kadang-
kadang
|
TidakPernah
|
||||||||
1
|
Suka
berbuat ikhlas, sabar, dan pemaaf kepada temannya.
|
|
|
|
|
|
|||||
2
|
Segera
memberikan maaf ketika temannya berbuat salah dan minta maaf.
|
|
|
|
|
|
|||||
3
|
Tidak
pamrih ketika temannya meminta tolong
|
|
|
|
|
|
|||||
4
|
Tidak
mudah putus asa ketika
mengahadapi kesulita belajar karena memiliki kesabaran
|
|
|
|
|
|
|||||
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||
Selalu
Sering
Kadang-kadang
Tidak pernah
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
-------------------------
X 100
= ---------
Skormaksimal
|
|
|
|||||||
CATATAN:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
|
|||||||||||
…………………….,
Tanggal : ……..……...
Ketua
kelompok
(……………………………………………….)
Lampiran
3 : Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)
Kelas
/ Semester
|
:
|
VII
/ Ganjil
|
KompetensiDasar
|
:
|
1. Memahamiisikandungan
surah an-Nisa/4:146, Al Baqarah/2:153, dan surah Ali
Imron3/:134 ser tahadis yang terkait tentang ikhlas, sabar, dan
pemaaf.
|
Indikator
|
:
|
1.
Menyebutkan arti surah an-Nisa/4:146, Al Baqarah/2:153, dan surah Ali Imron3/:134
serta hadis tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf.
|
TeknikPenilaian
|
:
|
Lisan.
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
No.
|
Indikator
|
Instrumen
|
|
1.
|
Mengartikan
QS. an-Nisa/4:146
|
Artikan QS.
an-Nisa/4:146 berikutini !
|
|
2.
|
Mengartikan
QS. Al
Baqarah/2:153
|
Artikan QS. Al Baqarah/2:153
|
|
3.
|
Mengartikan
QS. Al
Baqarah/2:153
|
ciwM ojQ [Q ãp À cRË] oi gI
|
|
|
|
|
|
No
|
Jawaban
|
||
1.
|
146. Kecuali orang-orang
yang taubat dan Mengadakan perbaikan[369] dan berpegang teguh pada (agama)
Allah dan tulus ikhlas (mengerjakan) agama mereka karena Allah. Maka mereka
itu adalah bersama-sama orang yang beriman dan kelak Allah akan memberikan
kepada orang-orang yang beriman pahala yang besar.
[369] Mengadakan perbaikan berarti berbuat
pekerjaan-pekerjaan yang baik untuk menghilangkan akibat-akibat yang jelek
dan kesalahan-kesalahan yang dilakukan.
|
||
2.
|
153. Hai orang-orang yang
beriman, Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu[99], Sesungguhnya
Allah beserta orang-orang yang sabar.
[99] Ada pula yang mengartikan:
mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat.
|
||
3.
|
|
RUBRIK PENILAIAN
|
|||||||
No.
|
Nama Surat
|
Kriteria
|
Skor
|
||||
Sangat Lancar
|
Lancar
|
Kurang Lancar
|
Tidak Lancar
|
||||
1
|
QS. an-Nisa/4:146
|
|
|
|
|
|
|
2
|
QS. Al Baqarah/2:153
|
|
|
|
|
|
|
3
|
QS. Al Baqarah/2:153
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
SKOR
|
|
|
|
|
|
||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||
Sangat Lancar
Lancar
Kurang Lancar
TidakLancar
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
-------------------------
X 100
= ---------
Skormaksimal
|
|
||||
Lampiran
4 : Instrumen Penilaian (Aspek
Ketrampilan)
NamaPesertadidik
|
:
|
…………………………………………………
|
Kelas
/ Semester
|
:
|
VII
/ Ganjil
|
KompetensiDasar
|
:
|
Membaca Q.S An Nisa :146, Q.S. Al Baqarah (2):153, tartil
Q.S. Ali Imran (3): 134,dengantartil
|
TeknikPenilaian
|
:
|
Performance
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
No.
|
Indikator
|
Instrumen
|
1.
|
Membaca
QS. Q.S. an Nisa: 146
|
Bacalah dengan tartil Q.S. an
Nisa: 146
|
2.
|
Membaca Q.S. Al Baqarah (2):153
|
Bacalah dengan tartilQ.S. Al Baqarah (2):153
|
3
|
Dapat membaca Q.S. Ali Imran (3): 134,
|
Bacalah dengan tartilQ.S. Ali Imran (3): 134,
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
NO.
|
NAMA SURAT
|
KRITERIA
|
SKOR
|
|||||
FASIH
|
TARTIL
|
KURANG TARTIL
|
TIDAK TARTIL
|
|||||
1
|
Membaca
QS. Q.S. an Nisa: 146
|
|
|
|
|
|
||
2
|
Q.S. Al Baqarah (2):153
|
|
|
|
|
|
||
3
|
Q.S. Ali Imran (3): 134,
|
|
|
|
|
|
||
JUMLAH
SKOR
|
|
|
|
|
|
|||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
||||||
Fashih
Tartil
Kurang Tartil
TidakTartil
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
-------------------------
X 100
= ---------
Skor maksimal
|
|
|
||||
CATATAN GURU
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
|
||||||||
Jakarta, Juni 2013
Guru
Pend. Agama Islam
(……………………………………………….)
Kelompok VII:
N0
|
NAMA
|
Asal Sekolah
|
Kabupaten
|
1
|
Nura Aziz Djoko Siswanto
|
SMPN 1 Polokarto
|
Sukoharjo
|
2
|
Tasdiq
|
SMPN 2 Ketanggungan
|
Brebes
|
3
|
Basuki Supriyadi
|
SMPN 1 Cepiring
|
Kendal
|
4
|
Amam Rofiq
|
SMPN 1 Banjarnegara
|
Banjarnegara
|
5
|
Saeful Qodir Z
|
SMPN 8 Cimahi
|
Cimahi
|
6
|
M. Aminuddin
|
SMPN 1 Wiradesa
|
Pekalongan
|
0 komentar:
Posting Komentar