Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
( R P P )
Satuan Pendidikan : SMP SUBDIT PAI
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester :
VII (Tujuh) / Ganjil
Materi Pokok : Semua Bersih Hidup Jadi
Nyaman
Alokasi
Waktu : 3 pertemuan (9 x 40 menit)
A. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR:
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
1
|
1.4
|
Menerapkan ketentuan
bersuci dari hadas kecil dan
hadas besar berdasarkan
syariat Islam.
|
|
2
|
3.8
|
Memahami ketentuan bersuci dari hadas kecil dan
hadas besar
|
1.
Menjelaskan ketentuan bersuci
dari hadas kecil dan hadas besar.
2.
Menerangkan tata cara bersuci dari
hadas kecil dan hadas besar.
1.
Menjelaskan
tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar
berdasarkan syariat Islam.
|
3
|
4.8
|
Mempraktikkan tata cara bersuci dari hadas kecil dan
hadas besar
|
1.
Menunjukkan contoh bersuci
dari hadas kecil dan hadas
besar.
2.
Mempraktikkan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar dalam kehidupan sehari-hari
2.
Mendemontrasikan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar berdasarkan
syariat Islam
|
B.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama:
1. Diberi kesempatan untuk mengkaji tatacara
bersuci, peserta didik dapat menunjukkan tata cara bersuci dari hadas kecil dan
hadas besar berdasarkan syariat Islam.
2. Diberi kesempatan berdiskusi dan berlatih,
peserta didik dapat melaksanakan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas
besar berdasarkan syariat Islam.
Pertemuan
Kedua:
1. Diberi kesempatan berdiskusi, peserta didik
dapat menjelaskan ketentuan bersuci dari
hadas kecil dan hadas besar.
2. Diberi kesempatan berdiskusi, peserta didik
dapat menerangkan tata cara bersuci dari
hadas kecil dan hadas besar.
Pertemuan
ketiga:
1. Diberi kesempatan berdiskusi, peserta didik dapat menunjukkan contoh bersuci dari
hadas kecil dan hadas besar.
2. Diberi kesempatan berlatih, siswa dapat mempraktikkan bersuci dari hadas kecil
dan hadas besar dalam kehidupan
sehari-hari.
C. MATERI PEMBELAJARAN:
Pertemuan Pertama:
1.
Pengertian Thaaharah
2.
Macam-macam
hadas
Pertemuan Kedua:
1.
Macam-macam
najis
2.
Tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar
Pertemuan Ketiga:
Hikmah Thaharah
D. METODE PEMBELAJARAN:
1.
Pendekatan
Scientific
2.
Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Direct Instruction
3.
Metode diskusi, drill,
dan demontrasi
E. SUMBER BELAJAR
1. Kitab al-Qur’anul Karim dan
terjemahnya, Depag RI
2. Buku teks siswa PAI SMP Kelas VII
3. Buku
lain yang memadai.
F.
MEDIA
PEMBELAJARAN
1. Komputer/Laptop
2.
CD Pembelajaran Tata Cara Thaharah
3. LCD
Projector
4. Tempat
Wudhu
5. Benda-benda
untuk thaharah.
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN PERTAMA
1. Pendahuluan ( 10
menit )
a.
Guru membuka pembelajaran dengan
salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Guru memulai pembelajaran dengan
membaca al-Qur’an surah/aya tpilihan (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan
sebelumnya);
c.
Guru memperlihatkan kesiapan
diri dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
d.
Guru memberikan motivasi dan
mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan
materi pelajaran.
e.
Guru menyampaikan kompetensi inti,
kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
f.
Guru membagi peserta didik dalam
beberapa kelompok.
2. Kegiatan inti ( 100 menit)
a.
Guru meminta
peserta didik untuk mengamati perilaku hidup bersih yang berhubungan dengan
“Kebersihan itu sebagian dari iman” (kolom mari renungkan) yang dilaksanakan
setiap hari.
b.
Peserta didik
mempresentasikan hasil pengamatannya di depan kelas.
c.
Peserta didik
mengamati gambar berikutnya (kolom mari mengamati).
d.
Peserta didik
mengemukakan isi gambar tersebut.
e.
Guru memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi
gambar tersebut.
f.
Peserta didik
menyimak penjelasan guru atau mencermati gambar atau tayangan visual/film
tentang ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar, secara klasikal
atau individual.
3. Penutup
a.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
b.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah
dilaksanakan.
c.
Guru memberikan reward kepada kelompok “terbaik”, yakni:
-
Kelompok yang benar dalam mengidentifikasi hukum bacaan mad.
-
Kelompok yang paling baik dalam membaca al-quran.
d.
Guru menjelaskan materi yang
akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
e.
Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.
PERTEMUAN KEDUA:
1. Pendahuluan ( 10
menit )
a.
Guru membuka pembelajaran dengan
salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Guru memulai pembelajaran dengan
membaca al-Qur’an surah/ayat pilihan (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan
sebelumnya);
c.
Guru memperlihatkan kesiapan
diri dengan mengisi lembar kehadiran dan
memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk pesrta didik.
d.
Guru memberikan motivasi dan mengajukan
pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan
materi pelajaran.
e.
Guru menyampaikan kompetensi inti,
kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
f.
Guru mengkondisikan peserta didik
untuk duduk secara berpasangan (dalam jenis kelamin yang sama).
2. Kegiatan inti ( 100
menit)
a.
Peserta didik
dibagi menjadi beberapa kelompok dan diberikan tugas untuk berdiskusi sesuai
dengan tema yang telah ditentukan.
b.
Peserta didik
secara bergantian menyampaikan hasil diskusi, sedangkan kelompok lainnya
memperhatikan/menyimak dan memberikan tanggapan.
c.
Guru memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang materi
tersebut.
d.
Guru menyampaikan
gambaran teknis tentang tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
3. Penutup
1.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkanmateripembelajaran.
2.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah
dilaksanakan.
3.
Guru memberikan reward kepada “pasangan terbaik” yang hafal ayat dan
mampu mengartikan ayatQ.S. Ar-Rahman (55):33,
atauQ.S.Al- Mujadalah (58):11, atau hadits tentang ilmu pengetahuan.
4.
Guru menjelaskan materi yang
akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
5.
Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.
PERTEMUAN KETIGA:
1. Pendahuluan (
10 menit )
a. Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama
dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b. Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayat pilihan (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan
sebelumnya);
c. Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kehadiran,
kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk peserta didik.
d. Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif
yang berkaitan dengan materi pelajaran.
e. Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang
akan dicapai.
f. Guru mengkondisikan peserta didik untuk membentuk kelompok-kelompok
kecil (terdiri 4 – 6 siswa)
2. Kegiatan inti (
100 menit)
a.
Peserta didik
secara bergantian mempraktikkan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas
besar (¯ay±mum/wu«Î¼’) sesuai dengan ketentuan dalam syari’at sedangkan
peserta didik yang lainnya memperhatikan.
b.
Guru
membimbing peserta didik untuk membaca kisah “akibat iri hati”.
c.
Peserta didik
mengemukakan pendapatnya tentang hikmah dari kisah “akibat iri hati”.
d.
Guru
memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terhadap kisah tersebut.
e.
Guru
dan peserta didik menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut sesuai yang
terdapat dalam buku siswa pada kolom rangkuman.
f.
Pada
kolom “Ayo Berlatih”, guru diharapkan mampu: 1) membimbing
peserta didik untuk menyebutkan contoh hadas kecil dan hadas besar
cara membersihkannya serta contoh najis dan cara mengerjakannya.
g.
meminta
peserta didik untuk mengerjakan bagian pilihan ganda dan uraian.
h.
membimbing
peserta didik untuk mengamati dirinya sendiri tentang perilaku-perilaku yang
mencerminkan orang yang meneladani sifat tersebut di lingkungannya (Kolom
tugas).
g. Penutup
1.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkanmateripembelajaran.
2.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah
dilaksanakan.
3.
Guru memberikan reward kepada “kelompok terbaik” hasil diskusi dan presentasinya.
4.
Guru menjelaskanmateri yang akandipelajaripada pertemuan berikutnya.
5.
Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.
H.
PENILAIAN
1.
Sikap spiritual
a.
Teknik Penilaian : Penilaian diri
b.
Bentuk istrumen : Skala sikap
c.
Kisi-kisi
No
|
Sikap/Nilai
|
Butir instrumen
|
1
|
Meyakini bahwa
Allah maha suci
|
Terlampir
|
2
|
Meyakini bahwa
Allah mencintai kebersihan dan kesucian
|
Terlampir
|
3
|
Meyakini bahwa
bersuci adalah syarat mutlak untuk beribadah kepada Allah
|
Terlampir
|
4
|
Meyakini bahwa
kesucian dhahir berpengaruh pada kesucian batin
|
Terlampir
|
5
|
Meyakini bahwa
menjaga kebersihan adalah wujud manifestasi keimanan kepada Allah swt
|
Terlampir
|
2.
Sikap
Sosial
a.
Teknik Penilaian : Penilaian antar teman
b.
Bentuk istrumen : Skala sikap
c.
Kisi-kisi
No
|
Sikap/Nilai
|
Butir instrumen
|
1
|
Selalu menjaga
kebersihan diri
|
Terlampir
|
2
|
Selalu menjaga
kebersihan ruang kelas
|
Terlampir
|
3
|
Selalu menjaga kebersihan
sekolah
|
Terlampir
|
4
|
Selalu menjaga
kebersihan peralatan sekolah
|
Terlampir
|
5
|
Selalu menjaga
kebersihan lingkungan rumah
|
Terlampir
|
3.
Pengetahuan
a. Teknik
Penilaian :Tes Lisan
b. Bentuk
Instrumen : Lembar penilaian tes
lisan
c. Kisi-kisi :
Terlampir
4. Keterampilan
a. Teknik
Penilaian : Performance
b. Bentuk
Instrumen : Praktik
c. Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan
|
Butir
Instrumen
|
|
Dapat mempraktikan bersuci dari hadas kecil dalam kehidupan
sehari-hari
|
Praktikkan cara bersuci dari hadas kecil
|
|
Dapat mempraktikkan bersuci dari hadas besar dalam kehidupan
sehari-hari
|
Praktikkan cara bersuci dari hadas besar
|
Instrumen:
Terlampir
Yogyakarta, 18 Juli 2013
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Agama Islam
______________________ ______________________
NIP. ... NIP.
...
Lampiran 1: Instrumen Penilaian (Aspek Sikap
Spiritual)
Nama Siswa :
....................................................
Kelas :
VII/Ganjil
Teknik Penilaian :
Penilaian diri
Penilai :
Diri Sendiri
NO
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
||||
Sangat Setuju
|
Setuju
|
Ragu-Ragu
|
Tidak Setuju
|
||||
1
|
Allah tidak pernah
melakukan kesalahan baik dalam proses penciptaan maupun pengembangan alam semesta
|
||||||
2
|
Allah tidak suka
terhadap lingkungan yang kumuh dan kotor
|
||||||
3
|
Shalat tanpa
berwudhu tidak masalah yang penting badannya bersih
|
||||||
4
|
Tidak ada hubungan
antara kebiasaan berwudhu dengan kebersihan hati seseorang. Orang yang jarang
berwudhu pun bisa memiliki hati yang bersih.
|
||||||
5
|
Kotor atau tidaknya
lingkungan rumah seseorang tidak berhubungan dengan keimanan. Yang penting
meyakini rukun iman, rumahnya kumuh dan kotor tidak masalah
|
||||||
JUMLAH SKOR
|
|||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||
Skor Sikap Positif
Sangat setuju = 4
Setuju = 3
Ragu-Ragu = 2
Tidak Setuju = 1
|
Sikap Negatif
Sangat setuju = 1
Setuju = 2
Ragu-Ragu = 3
Tidak Setuju = 4
|
Skor yang diperoleh
-----------------------
x 100
Skor Maksimal
|
|||||
Lampiran 2: Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
Nama Siswa :
....................................................
Kelas :
VII/Ganjil
Teknik Penilaian :
Penilaian diri
Penilai :
Antar Teman
NO
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
||||
Selalu
|
Sering
|
Jarang
|
Tidak pernah
|
||||
1
|
Berpenampilan
bersih dan rapi di sekolah
|
||||||
2
|
Menyimpan sampah di
laci meja
|
||||||
3
|
Melaksanakan piket
kebersihan kelas
|
||||||
4
|
Buku, tas, kursi,
dan meja belajar penuh dengan coret-coretan
|
||||||
5
|
Membersihkan
lingkungan rumah
|
||||||
JUMLAH SKOR
|
|||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||
Skor Sikap Positif
Sangat setuju = 4
Setuju = 3
Ragu-Ragu = 2
Tidak Setuju = 1
|
Sikap Negatif
Sangat setuju = 1
Setuju = 2
Ragu-Ragu = 3
Tidak Setuju = 4
|
Skor yang diperoleh
-----------------------
x 100
Skor Maksimal
|
|||||
Lampiran
3
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
|
Dapat mengartikan QS. Al Maidah ayat 6
|
Artikan QS. Al Maidah ayat 6
|
2
|
Siswa dapat mengamati
dan memberi komentar tayangan yang
terkait dengan kebersihan
|
Amati
dan komentari
tayangan yang terkait dengan kebersihan berikut
|
3
|
Simak dan baca penjelasan mengenai ketentuan bersuci dari hadas kecil
dan hadas besar
|
Jelaskan ketentuan bersuci dari hadas kecil
dan hadas besar
|
4
|
Dengan dimotivasi oleh guru siswa
dapat mengajukan pertanyaan tentang ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
|
Buatlah beberapa pertanyaan tentang ketentuan
bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
|
5
|
Siswa dapat mengajukan
pertanyaan terkait dengan tata cara bersuci dari hadas kecil
dan hadas besar
|
Ajukan beberapa pertanyaan
terkait dengan tata cara bersuci dari hadas kecil
dan hadas besar
|
6
|
Secara berkelompok Siswa dapat mencari
data dari berita atau informasi tentang ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
|
Carilah data dari berita atau informasi tentang ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
|
7
|
Siswa dapat mendiskusikan tata
cara bersuci dari hadas kecil
dan hadas besar
|
Diskusikan tata
cara bersuci dari hadas kecil
dan hadas besar
|
8
|
Siswa dapat mendiskusikan manfaat
bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
|
Diskusikan manfaat bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
|
Lampiran :
QS.Al Maidah ayat 6
Artinya :
Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu
hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan
siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan
jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit[403] atau
dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh[404]
perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah
yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak
hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan
nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.
Lampiran 4
TIM PENYUSUN :
KETUA :
H. Slamet, S.Ag (Wonosobo)
SEKRETARIS :
Bagus Mustakim, S.Ag,M.S.I (Ngawi)
ANGGOTA :
Munir, S.Pd.I. (Bondowoso)
Drs. Mursidi,
M.Pd.I. (Probolinggo)
A. Rais, S.Ag.,
M.Pd.I. (Surakarta)
Drs. H. Abdul Wahib,M.Ag. (Kab. Lamongan)
Lampiran 2: Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
0 komentar:
Posting Komentar